Khasiat Buah Nanas untuk Menurunkan Kolesterol Berbahaya di dalam Tubuh

Buah merupakan jenis tanaman yang kaya akan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi setiap harinya. Selain itu, buah juga termasuk dalam unsur makanan empat sehat lima sempurna. Dari sekian banyak jenis buahan salah satu buah yang bisa dikonsumsi setiap harinya adalah buah nanas.

Buah memiliki warna kuning dan kulitnya bersisik atau berduri. Jika dimakan akan terasa segar karena banyak mengandung air. Nanas juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Tidak hanya itu, ternyata terdapat khasiat buah nanas untuk menurunkan kolesterol.  Mungkin selama ini Anda mengonsumsi buah ini hanya untuk perasa dalam adonan roti atau campuran sup buah.

khasiat buah nanas untuk menurunkan kolesterolNamun, sekarang Anda bisa mengonsumsi buah ini sebagai penurun kolesterol. Kolesterol sendiri adalah lemak yang terdapat di dalam darah, otak, dan empedu. Jika orang mengalami kolesterol tinggi maka akan berbahaya bagi kesehatannya karena bisa menyebabkan stroke dan kematian.

Kolesterol merupakan penyakit yang sering dijumpai di masyarakat. Kebanyakan dari mereka menderita penyakit ini karena kurangnya menjaga pola hidup. Seperti makan makanan cepat saji, atau makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Bagi penderita kolesterol Anda tidak perlu khawatir untuk menurunkan dan mencegahnya. Ada manfaat buah nanas yang bisa menjaga dan menurunkan kolesterol Anda. Inilah beberapa khasiat dari buah nanas.

Khasiat Buah Nanas untuk Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Banyak mengandung vitamin C dan Mangan

Viitamin C yang terdapat dalam buah nanas membantu menstabilkan kolesterol yang menyebabkan asam urat berlebih. Selain itu juga dapat menjaga kekebalan tubuh, melawan flu, dan juga menjaga kesehatan pembuluh darah. Biasanya kolesterol menyerang pembuluh darah yang dapat menyebabkan hipertensi. Selanjutnya khasiat buah nanas untuk menurunkan kolesterol karena mengandung mangan. Mangan atau mineral ini hanya ditemukan di buah nanas. Mangan dapat memecah asam amino dan protein dalam tubuh. Mangan juga dapat menurunkan kadar gula darah dan dapat mencegah diabetes serta gangguan pada metabolisme.

Mengandung Enzim

Khasiat buah nanas untuk menurunkan kolesterol berikutnya karena mengandung enzim. Enzim di dalam buah nanas sering disebut dengan istilah bromelain yang bersifat anti inflamasi. Anti inflamasi ini tak kalah berkhasiat dengan obat-obat ampuh sekelas steroid. Enzim ini juga berfungsi membersihkan tubuh dari lemak jahat.

Biasanya jus nanas diminum sehabis makan makanan yang banyak mengandung lemak seperti sea food atau makanan berminyak. Hal ini dilakukan agar lemak yang jahat dapat dipecahkan dan dibersihkan sehingga tidak menyebabkan kolesterol. Selain itu, enzim juga dapat mengurangi tekanan darah dan sebagai anti radang. Timbunan protein di dalam tubuh juga dapat dicuci dengan mengonsumsi nanas setiap hari agar mudah dikeluarkan.

Selain kedua kandungan dalam nanas tersebut ternyata banyak sekali manfaat dari buah nanas yang baik untuk kesehatan. Manfaat itu antara lain sebagai penangkal kanker. Di dalam nanas mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Zat aktif yang terdapat di dalam buah nanas juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

Itulah beberapa khasiat buah nanas untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Selain banyak mengonsumsi nanas, tentunya harus diimbangi pula dengan berolahraga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari kolesterol. Olah raga setiap pagi atau sore juga dapat membantu menurunkan kolesterol karena lemak akan terbakar.