Macam-macam Strawberry dan Manfaatnya

Strawberry merupakan buah asal kota Chili di Amerika yang telah lama dikembang biakkan di tanah indonesia. Selain memiliki citarasa yang lezat, buah ini juga memiliki bentuk dan tampilan yang menarik. Warna yang mencolok dengan kekayaan vitamin dan nutrisi. manfaat buah inipun bermacam-macam seperti untuk kebutuhan peningkatan daya tahan tubuh dan dalam pengobatan penyakit.

Arbei atau strowberry merupakan jenis keluarga Rosaceae. Buah ini termasuk tanaman semak. Buah ini merupakan tanaman buah herba yang pertamakali di Chili, AS. Spesies yang paling terkenal dan menyebar keseluruh penjuru dunia adalah jenis Fragaria Vesca yang ada di negara kita. Terdapat Macam-macam strawberry yang dihasilkan oleh amerika. Selain itu negara lain yang menghasilkan buah ini dengan besar adalah jepang, Meksiko, New Zealand, Italia dan Polandia.

Macam-macam Strawberry

macam macam strawberrySudah lebih dari 700 macam-macam Strawberry yang tersebar didunia memiliki ciri khas sesuai dengan karakter tanah dan musim di daerah tersebut, disamping itu pula pengaruh hasil persilangan antar berbeda jenis buah strawberry yang menghasilkan variasi citarasa, bentuk dan warna pada buah itu. Strawberry yang kita mudah kita temukan di sini adalah jenis Fragaria x ananassa var Duchesnes yakni strawberry hibrida yang merupakan persilangan antara F.Virginia dari Ameriak Utara dengan F.Chiloesne dari Chili yang dilakukan pada tahun 1750.

Buah ini merupakan jenis buah daerah subtropikal yang cocok sekali hidup di tanah indonesia. Terdapat beberapa varietas atau macam-macam strawberry yang ditanamkan di Indonesia yaitu Sweet Charlie dari Amerika Serikat, Oso Grande dari California, Tristar dari Amerika Serikat, Nyoho dari Jepang dan Korea selatan, Hokowaze dari Jepang, Rosalinda dari Florida, dan Chandler dari California.

Manfaat buah strawberry

Disamping buahnya yang cantik dan unik, buah strawberry memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat buah ini dapat kita temukan untuk:

  1. Memelihara kesehatan mata
  2. Memelihara kesehatan sistem pencernaan
  3. Sebagai anti-inflamasi
  4. Memelihara tubuh dari kanker
  5. Menjaga sistem imun
  6. Memelihara kesehatan tulang
  7. Memelihara kesehatan jantung
  8. Memelihara fungsi otak
  9. Sebagai bahan untuk diet sehat
  10. Memelihara kesehatan ibu hamil
  11. Memelihara kesehatan kulit
  12. Memelihara tekanan darah
  13. Menstabilkan jumlah eritrosit
  14. Menenangkan suasana hati
  15. Menjaga kesehatan tulang
  16. Mengandung zat anti-oksidan
  17. Mengobati jerawat
  18. Meningkatkan daya ingat dan memperkuat mental
  19. Menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala
  20. Menurunkan kolesterol
  21. Mengencangkan dan menghaluskan wajah
  22. Mengatur kadar gula
  23. Memutihkan warna gigi
  24. Mencegah penyakit leukemia
  25. Mengandung vitamin C yang aman bagi lambung dan anak-anak
  26. Menghindari resiko kanker leher rahim, tenggorokan, dan payudara

Dari sekian banyak macam-macam strawberry dan manfaatnya, tentunya masih terdapat macam dan manfaat lain yang masih tersimpan. Dengan demikian tidak ada salahnya bagi anda untuk tetap memenuhi kebutuhan buah anda dengan menyandingkan selalu buah strawberry dalam daftar menu buah harian untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan resiko-resiko yang tidak terkira yang hanya dapat dicegah dengan adanya kandungan nutrisi atau vitamin dalam buah strawberry.