Makan alpukat saat hamil. Bermanfaatkah?

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memilik tekstur yang lembut, buah ini juga salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi saat ibu hamil, karena pada saat kehamilan ibu harus memiliki banyak asupan nutrisi yang diterima, salah satunya lemak baik yang ada pada buah alpukat tersebut. Namun daripada itu tetap disarankan untuk sering melakukan konsultasi pada dokter.

Seperti diketahui bahwa ibu hamil memerlukan nutrisi yang cukup. Seperti karbohidrat, lemak baik dan lain-lain. Bahkan sebagian masyarakat ada yang menganjurkan untuk makan 3 jam sekali. Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Bagaimanapun juga lebih baik makan 3 kali sehari dengan memakan makanan yang bergizi tinggi.

Salah satu faktor yang penting juga bahwa seorang ibu hamil tidak boleh mengalami dehidrasi karena selain akan terlihat lemas juga dikhawatirkan akan mempengaruhi jabang bayi yang dikandungnya. Untuk itulah dokter selalu menyarankan agar ibu hamil banyak memakan buah-buahan, salah satunya adalah buah alpukat. Buah alpukat memang tidak berpengaruh banyak terhadap kondisi dehidrasi seseorang, Namun  terdapat manfaat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berikut adalah beberapa manfaat makan alpukat saat hamil. Perlu diketahui bahwa makan alpukat saat hamil tidak akan menyebabkan kegemukan karena lemak. Kandungan lemak yang ada pada buah alpukat adalah lemak baik yang tidak akan menyebabkan kegemukan. Tentu dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Makan alpukat saat hamil dapat membantu mencegah komplilkasi

Saat masa kehamilan, seorang ibu rentan mengalami kelelahan, untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka adanya asam sulfat yang terkandung dalam alpukat bisa membantu pencegahan komplikasi pada ibu hamil, tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan komplikasi pada ibu hamil, hal ini bisa diatasi dengan adanya kandungan asam sulfat tersebut.

 

Makan alpukat saat hamil dapat membantu mencegah cacat syaraf pada janin

Kemudian dalam buah alpukat juga terkandung asam folat yang berfungsi sebagai pencegah adanya cacat syaraf pada janin yang dikandung, alpukat bisa dikonsumsi dengan cara disantap sebanyak setengah cangkir, karena dalam setiap irisan alpukat memiliki kandungan asam folat sebesar 59 mcg.

Baca juga: inilah Kegunaan Biji Alpukat yang perlu Anda Ketahui

Makan alpukat saat hamil dapat membantu mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir

Dalam perkembangan bayi, asam folat juga di butuhkan adanya, karena jika kadar asam folat dalam tubuh rendah maka akan terjadi deformitas pada tulang bayi pada saat bayi belum lahir, susunan gigi tidak rata merupakan ciri-ciri dari deformitas, adapula gigi susu yang terlambat tanggal dan juga langit-langit rahang yang melengkung merupakan contoh ciri-cirinya juga.

Buah alpukat mengandung dengan viitamin C

Saat mengandung, seorang ibu hamil juga harus pintar memilih nutrisi untuk mereka, seperti adanya vitamin C ini juga berperan baik bagi tubuh ibu hamil, karena kandungan vitamin C bisa membantu percepatan proses penyerapan zat besi, sehingga dapat mengurangi terjadinya anemia atau kekurangan darah, tapi jangan mengkonsumsi vitamin C terlalu berlebihan, karena bisa menyebabkan keguguran yang terjadi akibat tekanan yang terlalu besar pada progesteron.

Meningkatkan fungsi pencernaan

Pada akhir bulan mengandung, biasanya ibu hamil mengalami sembelit, kandungan serat yang banyak pada buah alpukat membuat pergerakan usus menjadi lebih baik dan juga berguna untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi. Untuk itu makan alpukat saat hamil baik untuk mambantu meingkatkan fungsi pencernaan.

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Buah alpukat juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik pada tubuh ibu yang sedang mengandung, dalam hal ini buah alpukat bisa membantu penyerapan nutrisi, adapula fungsi buah alpukat yaitu untuk penyerapan karotenoid yang diperoleh dari vitamin pada buah alpukat.

Mengurangi peradangan pencernaan pada ibu hamil

Karotenoid yang terkandung pada buah alpukat merupakan nutrisi yang penting, karena karotenoid bisa mengurangi peradangan pada pencernaan ibu hamil, hal tersebut terjadi karena adanya kandungan enzim pada buah alpukat.

Obat kram pada ibu hamil

Selain itu buah alpukat juga mengandung potasium yang bisa membantu ibu hamil dalam mencegah terjadinya kram pada kaki. Namun hal ini dibantah oleh sebagian orang karena belum ada penelitiannya.

Dari banyaknya manfaat makan alpukat saat hamil. Tentu manfaat buah alpukat ini bukanlah sebuah pantrangan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Malah dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian dari sang ibu.