Makanan-makanan Sehat untuk Jantung

Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu diseluruh dunia selain penyakit kanker. Kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung ini pun sering kali tidak banyak disadari. Dan kebanyakan orang mengira bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang secara tiba-tiba datang tanpa diketahui penyebabnya.

Masyarakat pun akhirnya beraggapan bahwa penyakit jantung, khususnya serangan jantung merupakan penyakit yang datang karena takdir. Bukan karena kebiasaan-kebiasaan atau hal-hal yag bisa jadi ditimbulkan oleh para penderitannya.

Namun ketakutan masyarakat terhadap penyakit jantung ini memang nyata. Ketakutan masyarakat pun memicu mereka untuk mencari banyak cara agar jantung mereka tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung. Keadaan ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa golongan masyarakat dengan memunculkan berbagai macam produk pencegah penyakit jantung, maupun pengobatan untuk penyakit jantung.makanan sehat untuk jantung

Makanan-makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan jantung cukup mudah untuk dilakukan. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat bersinggungan dengan apa yang kita konsumsi atau apa yang masuk kedalam tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena jantung berfungsi sebagai pemompa darah, yang mana darah ini lah yang membawa zat-zat makanan ke seluruh jaringan tubuh.

Kinerja jantung ini juga dipengaruhi oleh keadaan pembuluh darah dan juga darah. Jika pembuluh darah dan juga darah tersebut bersih dan normal maka jantungpun tidak akan mengalami masalah. Namun jika darah kotor dan pembuluh darah mengalami penyempitan atau bahkan sumbatan, maka jantung pun akan mengalami masalah.
Meskipun demikian ada hal mudah untuk menjaga kesehatan jantung, yakni dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat untuk jantung. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk jantung:

1. Kacang-kacangan

Kacang merah dan juga kacang-kacangan lainnya merupakan makanan yang sangat baik buat jantung. Pada dasarnya kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung serat yang cukup tinggi, dan serat ini berfungsi untuk menurunkan kolestelor dalam tubuh. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat menjaga jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang mengandung betakaroten dan sumber vitamin c yang cukup tinggi. Kegunaan betakaroten dalam tubuh yakni dapat mecegah terhadap timbulnya plak-plak pada pembuluh arteri yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Selain itu vitamin C dalam bayam juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu bahan makanan sehat untuk jantung yang memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Omega 3 ini sangatlah baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga memerangi kolesterol jahat.

4. Buah jeruk

Buah jeruk selain terkenal mengandung vitamin c juga mengandung flavanon. Flavanon ini merupakan senyawa yang dapat menurunkan kolestelor jahat dan meningkatkan kolestelor yang baik untuk tubuh.

5. Oat

Oat mungkin merupakan salah satu bahan makanan sehat untuk jantung yang sudah sangat sering digunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibenarkan karena oat merupakan bahan makanan yang mengandung senyawa saponin yang dapat membantu tubuh untuk mengikat kolestelor jahat dan kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh.

6. Buah berry

Kandungan yang ada pada buah blueberry adalah kaya akan flavonoid. Dan senyawa flavonoid ini berfungsi untuk mencegah pecahnya pembuluh darah yang sekaligus juga menurunkan tekanan darah.

7. Teh hijau

Teh hijau dipercaya dapat menurunkan kadar kolestelor dalam tubuh. Dan hal ini dibuktikan dengan adanya kandungan polifenol yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan memerangi kolesterol jahat.

Demikian beberapa informasi makanan-makanan yang sehat untuk jantung yang dapat dikonsumsi. Selain makanan yang baik juga harus diimbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup agar kinerja jantung senantiasa sehat dan normal.