Manfaat Biji Mengkudu untuk Kesehatan

Buah mengkudu atau pace merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Manfaat buah mengkudu bisa digunakan untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat mengkudu juga bisa diambil dari buah ataupun dari biji mengkudu. Manfaat biji mengkudu juga tak kalah banyaknya dibandingkan dengan buah mengkudu.

Biji mengkudu bahkan bisa diekstrak menjadi minyak mengkudu yang juga bisa menjadi alternatif pengganti minyak sawit. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel berikut ini

Manfaat biji mengkudu

Manfaat biji mengkudu banyak sekali digunakan dalam segala lini kehidupan kita sehari-hari. Hasil penyulingan dari biji mengkudu yang menjadi minyak banyak di gunakan untuk bahan baku kosmetik, lilin. Dan minyak untuk berbagai terapi dan spa. Bahkan penelitian terakhir ini menyebutkan bahwa manfaat minyak biji mengkudu bermanfaat juga untuk proses peremajaan kulit atau rejuvinating ataupun untuk menghaluskan kulit wajah. Hal ini tentu sebuah penemuan besar di dalam industri kecantikan.

Cara memperoleh minyak mengkudu

manfaat biji mengkuduManfaat biji mengkudu bisa diperoleh dari mengekstrak minyak biji mengkudu. Proses untuk memperoleh minyak mengkudu diperoleh dari mengisolasi ekstrak biji mengkudu untuk dibuat minyak. Biji mengkudu di ekstrak untuk diperoleh minyaknya dengan menggunakan pelarut n- heksana yang digunakan untuk menguji kualitas yang diperoleh dari minyak mengkudu.

Diharapkan bahwa hasil ketraksi minyak ini bisa digunakan untuk mengganti alternatif minyak sawit. Analisis proksimat untuk minyak biji mengkudu ini menunjukkan bahwa di dalam biji mengkudu terdapat karbohidrat dan serat yang dominan berada di dalamnya. Lemak dan minyak mendapatkan urutan ketiga sebagai zat yang dominan berada di dalam biji mengkudu.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Manfaat buah mengkudu banyak sekali jenisnya untuk kesehatan. Buah ini dikenal mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Buah mengkudu dikenal memiliki banyak khasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi atau dikenal dengan sebutan hipertensi. Buah menjadi obat untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Cara menggunakan buah ini untuk mengobati hipertensi adalah dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung atau dengan merebus buah mengkudu.

Buah mengkudu memiliki kandungan yang dikenal dengan xeronine yang menormalkan tekanan darah. Selain itu adanya zat fitoutrien scopoletin juga baik untuk melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan pembuluh darah yang lebar jantung tidak akan bekerja terlalu keras dalam memompa darah.

Selain berguna untuk menurunkan tekanan darah, manfaat buah mengkudu bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan. Buah mengkudu baik untuk mengobati sakit seperti kembung, muntah, luka pada usus dan radang pada lambung. Kandungan seratnya yang banyak juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Cara mengkonsumsi buah mengkudu untuk melancarkan pencernaan adalah dengan mengkonsumsi buah mengkudu sebelum anda makan besar.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol didalam darah. Manfaat buah mengkudu yang satu ini terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sebuah penelitian di pakistan dan saudi menyebutkan bahwa penggunaan ekstrak air dan etanol dari buah mengkudu, daun dan akar untuk mengobati displidemis terbukti berhasil.

Mereka menemukan bahwa ekstrak tersebut secara signifikan mengurangi kadar kolesterol dan trigeliserida yang dialami oleh tikus percobaan. Zat xeronine dan proxerenonie juga bisa mengobati kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Untuk mengobati kolesterol anda tinggal merebus dan meminum air rebusan mengkudu tersebut. Buah mengkudu mudah bukan untuk dimanfaatkan sebagai tumbuhan alami untuk kesehatan.