Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Menyusui yang Perlu Diketahui

Buah alpukat merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk ibu menyusui. Selain rasanya yang lezat, buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Diantaranya adalah lemak, karbohidrat, serat dan lain-lain.

Banyak orang yang menghindari mengkonsumsi alpukat karena dianggap mengandung lemak tidak baik untuk tubuh yang bisa mengakibatkan kegemukan. Namun hal ini telah dibantah melalui beberapa penelitan dan talkshow, salah satunya adalah Dr. OZ Indonesia yang sudah menjelaskan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dapat menyebabkan kegemukan itu adalah mitos.buah alpukat untuk ibu menyusui

Buah alpukat untuk ibu menyusui: Meningkatkan kualitas ASI

Kualitas ASI merupakan salah satu faktor yang menentukan pertumbuhan dan sistem imunitas pada bayi. Jika kualitas ASI kurang baik banyak hal resiko yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, misalnya anak kurang gizi, atau bayi rentan mengalami sakit karena kualitas ASI tadi kurang baik.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas ASI. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah alpukat.  Di dalam buah alpukat terdapat kandungan nutrisi baik dalam membantu meningkatkan kualitas ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Membantu pertumbuhan tulang

Buah alpukat untuk ibu menyusui dapat dikonsumsi secara rutin. menurut beberapa sumber penelitian menunjukan bahwa buah alpukat ternyata dapat meredakan nyeri arthritisarthritis merupakan salah satu gangguan yang berhubungan dengan kekakuan tulang. Buah alpukat dapat membantu mencegah terjadinya kekakuan tulang pada tubuh. Ini merupakan salah satu cara sehat dalam menjaga kesehatan tulang selain dengan mengkonsumsi obat.

Mencegah peradangan pada bayi

Peradangan bisa menimpa siapa saja, baik pada ibu menyusui maupun bayi. Mengkonsumsi buah alpukat merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mencegah peradangan, baik pada ibu menyusui maupun pada bayi. Buah alpukat untuk ibu menyusui selain rasanya yang nikmat, nutrisi yang terkandung didalamnya dapat mencegah resiko penyakit yang berhubungan dengan muculnya peradangan bada bagian tubuh tertentu.

Membantu menambah berat badan bayi

Manfaat buah alpukat untuk ibu menyusui memang baik untuk dikonsumsi. Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sangat baik jika ingin meningkatkan berat badan. Buah alpukat mengandung kalori dan nutrisi yang cukup untuk membantu menaikan berat badan pada bayi melalui ASI. Jika ingin bayi anda gemuk, dapat dibantu dengan mengkonsumsi buah alpukat oleh si Ibu yang sedang menyusui. Menurut beberapa literature menunjukan bahwa dalam 100 gram buah alpukat mengandung 200 kalori.

Membantu meningkatkan sistem imunitas

Menurut hasil penelitian yang sudah dilakukan melalui Processing of Society Nutrition menyatakan bahwa sistem kekebalan tubuh pada manusia akan bekerja dengan sempurna apabila tingkat sel limfoid dan glutathione ada dalam keadaan seimbang. Didalam buah alpukat untuk ibu menyusui, terutama buah alpukat yang masih segar terdapat kandungan glutathione yang merupakan salah satu zat antioksidan yang langsung berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Membantu menyehatkan mata dan mencegah katarak

Di dalam buah alpukat untuk ibu menyusui terkandung zat yang dinamakan lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini dapat membantu menyehatkan mata karena zat lutein dan zeaxanthin merupakan zat karatenoid. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, secara tidak langsung ibu yang sedang menyusui dapat tercegah dari resiko katarak dan degenerasi makula.

Buah alpukat untuk ibu menyusui: membantu mencegah anemia

Biasanya ibu yang sedang menyusui sering kurang tidur demi mencaga buah hatinya. baik itu menyusui tengah malam, ataupun menemani si kecil yang tidurnya belum teratur. Hal ini dapat beresiko kekurangan darah pada ibu menyusui. Oleh karena itu, konsumsi-lah buah alpukat untuk ibu menyusui untuk membantu mengurangi resiko anemia.

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral dan dapat menstimulasi pertumbuhan dan fungsi-fungsi pada tubuh. Selain itu ternyata buah alpukat untuk ibu menyusui juga mengandung zat besi yang berfungsi membantu proses pembentukan kembali sel-sel darah merah yang ada pada tubuh. Zat besi inilah yang akan membantu mengurangi resiko anemia pada ibu yang sedang menyusui.

Demikian beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu menyusui yang perlu diketahui. Mengingat buah ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun terkandung beragam manfaat didalamnya.