Manfaat Buah Atep untuk Kesehatan

Apakah itu buah atep? dan apa manfaat buah atep untuk kesehatan? mungkin sebagian dari masyarakat tidak mengetahui manfaat buah atep bagi kesehatan karena barangkali namanya saja terdengar asing? Namun jika ditanya buah kolang kaling? pasti banyak dari kita mengetahuinya atau bahkan sering mengkonsumsinya.

Buah atep merupakan buah yang menghasilkan biji buah yang disebut dengan kolang kaling, dan buah atep ini didapat dari pohon aren. Pohon aren ini memiliki banyak manfaat mulai dari pohonnya, daunnya dan tentu saja buahnya.

Sebagian masyarakat terutama dari jawa barat menyebut buah atep ini sebagai buah caruluk. Buat atep memiliki bentuk yang lonjong dan berwarna bening cenderung putih. Untuk dapat mengkonsumsinya ada beberapa proses yang harus dilakukan karena buah atep yang berasal dari pohon aren masih banyak mengandung getah yang beracun dan dapat menyebabkan gatal-gatal.

manfaat buah atepBuah atep atau kolang kaling baik untuk dikonsumsi tubuh. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah atep atau kolang kaling terdapat kandungan protein, serat, karbohidrat. Namun buah atep ternyata memiliki kandungan air yang cukup tinggi, hampir 90% sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat siang hari, ataupun ketika berbuka puasa karena akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Manfaat buah atep sebagai pelengkap diet

Bagi anda yang sedang menjalani diet, buah atep adalah salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi. Di dalam 100 gram buah atep mengandung kurang lebih 0,95 gram serat kasar sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani diet.

Selain itu, mengkonsumsi buah atep juga akan menimbulkan rasa kenyang. Hal ini tentu banyk dimanfaatkan orang untuk menunda rasa lapar dan menghindari nafsu makan yang berlebihan terutama bagi yang sedang menjalani diet sehat.

Manfaat buah atep sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang

Setelah menjalani aktivitas sehari-hari terutama yang mengandalkan aktivitas fisik tentu akan kehilangan cairan tubuh. Mengkonsumsi buah atep sehabis olahraga ataupun hanya untuk pelepas dahaga pada siang hari dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, selain itu rasanya yang menyegarkan akan menambah energi ekstra untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Manfaat buah atep untuk mengurangi radang sendi

Mungkin sedikit dari anda mengetahui bahwa ternyata buah atep dapat bermanfaat untuk mengurangi radang sendi, karena didalam buah ini mengandung zat galaktomanan yang menurut penelitian dari berbagai referensi dapat meringankan nyeri pada radang sendi. Namun disarankan ketika akan mengkonsumsi buah atep untuk pengobatan tidak disertai dengan campuran gula-gula yang sangat manis.

Sebenarnya buah atep ketika dipetik dari pohonya tidak dapat dikonsumsi secara langsung karena masih mengandung banyak getah yang dapat menyebabkan gatal-gatal jika terkena kulit. Oleh karena itu diperlukan pengolahan terlebih dahulu agar manfaat buah atep dapat dirasakan.

Salah satu metode yang banyak dilakukan oleh petani aren di masyarakat adalah dengan cara membakar buah atep terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan lendir buah atau getah yang ada pada buah tersebut. Setelah itu buahnya dikupas dan diambil isi buah atep tersebut yang biasa disebut dengan kolang-kaling.

Sebelum dikonsumsi, buah atep yang terpisah dari cangkangnya direndam dengan air kapur dan dibiarkan selama kurang lebih 3 hari agar semua kotoran yang masih menempel termasuk sisa-sisa getah hilang. Setelah itu barulah dapat diolah untuk dikonsumsi seperti dibuat manisan kolang-kaling, jus, atau campuran es buah. Demikian penjelasan manfaat buah atep untuk kesehatan.