Manfaat Buah Campedak Untuk Kesehatan

Anda tahu manfaat buah campedak untuk kesehatan? Bagi yang belum tahu mungkin melihat buah campedak ini akan tampak sepeti buah nangka karena memang terdapat kemiripan dalam bentuknya. Buah campedak sama-sama memiliki aroma yang kuat dan menyengat seperti buah nangka, bahkan ada sebagian orang yang menyebut bahwa aroma buah campedak ini hampir sama dengan buah durian.

Secara keilmuan buah campedak adalah salah satu buah yang termasuk kedalam jenis tanaman buah yang berasal dari kelaurga Moraceae, yang mana memiliki kulit berduri kecil. Jika diliat dari fisiknya, kulit luar buah campedak lebih mirip dengan buah sukun dan didalamnya mirip dengan buah nangka.manfaat-buah-campedak-bagi-kesehatan

Meskipun buah campedak ini terlihat seperti buah yang biasa saja, namun jika sudah mencobanya maka tidak sedikit orang yang ketagihan setelah mengkonsumsinya karena rasanya yang manis dan lezat. Selain itu ternyata didalam manfaat buah campedak ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi manfaat buah campedak terdiri dari Vitamin A, Vitamin C, Bioflavanoid, Ascobic Acid dan Enzim. kandungan zat seperti yang disebutkan memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

Buah campedak untuk kesehatan mata

Memiliki mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang, kandungan vitamin A dalam buah campedak dapat menjaga mata kita agar tetap sehat. Memang banyak orang selama ini sebagai kandungan vitamin A yang bagus itu terdapat pada wortel, nyatanya tidak selalu begitu. Buah campedak dapat dijadikan sebagai asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan dengan rasa yang lezat.

Buah campedak membantu menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit yang berbahaya seperti diabetes dan jantung. Buah campedak dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Vitamin C pada buah campedak juga dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat buah campedak untuk membantu pengobatan tumor

Dari berbagai literature menyebutkan bahwa para ahli kesehatan telah merekomendasikan buah campedak untuk membantu mengobati tumor karena terdapat senyawa bioflanoid pada buah campedak. Namun hal ini belum ada bukti empiris di Indonesia mengenai khasiat buah campedak untuk pengobatan tumor. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba mengingat buah ini terdapat kandungan vitamin dan rasanya yang manis dan lezat.

Manfaat buah campedak untuk melancarkan mencernaan

Banyak manfaat vitamin C dalam buah campedak yang dapat diambil seperti menjaga daya tahan tubuh dari segala penyakit. Vitamin C dalam buah campedak juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena dapat mengobati sembelit bahkan dapat melancarkan susah buang air besar.

Buah campedak mencegah resiko stroke

Manfaat buah campedak dapat dirasakan dan merupakan buah yang dapat dikonsumsi oleh kaum muda dan orang tua, karena buah ini dipercaya dapat mengurangi resiko stroke sejak dulu. Namun untuk pengobatan stroke khususnya tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Setelah melihat berbagai manfaat yang didapat dari buah campedak, tentu hal ini akan membuat kita tidak ragu untuk mengkonsumsi buah yang rasanya manis dan lezat ini. Meskipun begitu, mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga dengan buah campedak.

Mengkonsumsi buah campedak dengan jumlah banyak dapat membuat gas di dalam lambung karena kandungan Ascobic Acid nya. Dengan begitu bagi yang mempunyai gejala Maag tidak dianjurkan mengkonsumsi buah campedak terlalu banyak.