Manfaat Buah Carica bagi Ibu Hamil

Manfaat buah carica bagi ibu hamil mungkin tidak banyak masyarakat dari kita mengetahuinya, karena memang selain tidak sedikit yang mengetahui tentang buah ini, buah carica juga cukup sulit ditemukan dipasaran. Buah carica banyak tumbuh pada dataran-dataran tinggi dengan suhu dingin pegunungan.

Khusus di pulau jawa, buah dieng dikenal dapat tumbuh baik pada daerah dataran tinggi Dieng, yang terletak di daerah Wonosobo, Jawa Timur. Namun menurut beberapa referensi, buah carica juga dapat tumbuh dengan baik di pulau bali.

Buah carica memiliki bentuk fisik yang mirip dengan buah pepaya, hanya saja bentuknya lebih kecil. Namun buah carica dan buah pepaya adalah jenis buah yang berbeda, kandungan gizinya juga berbeda meskipun sama-sama memiliki banfaat yang baik untuk tubuh.buah carica

Mengenai manfaat buah carica bagi ibu hamil, sebenarnya tidak ada penelitian khusus mengenai hal ini, namun demikian berdasarkan kandungan gizi yang terdapat pada buah carica, sebenarnya jika dicermati cukup banyak manfaat yang dapat diambil jika dikonsumsi salah satunya pada ibu yang sedang hamil.

Didalam buah carica terkandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B kompleks, vitamin C dan vitamin E dan lain-lain. Pada ibu yang sedang hamil vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan perkembangan dari janinnya itu sendiri.

Vitamin E pada buah carica berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan melembapkannya agar terbebas dari kerusakan jaringan sel-sel akibat sinar ultraviolet, salah satunya dari sinar matahari langsung.

Didalam buah carica juga terdapat zat anti oksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas pada tubuh terutama pada saat hamil, tentunya jika radikal bebas masuk mada janin si ibu akan sangat berbahaya, termasuk virus, bakteri dan jamur.

Bagi yang mengalami susah buang air besar, mengkonsumsi buah carica adalah salah satu hal yang tepat, karena buah carica mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dalam usus anda.

Meskipun kandungan pada buah carica adalah multivitamin dan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh, namun alangkah baiknya tetap dikonsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu. Namun dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak dikonsumsi secara berlebihan, rasanya manfaat buah carica bagi ibu hamil dapat dirasakan mengingat buah carica adalah salah satu buah yang sehat.