Manfaat Buah Duku Bagi Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Manfaat buah duku bagi ibu hamil: Buah duku merupakan buah yang tumbuh pada musim tertentu. Biasanya musim buah duku ditandai dengan banyaknya penjual buah duku yang menjajakan jualannya di pinggir-pinggir jalan. Salah satu buah duku yang terkenal di indonesia adalah buah duku palembang.

Buah duku memiliki corak berwarnaa cokelat dan berbentuk bulat seperti buah lengkeng. hanya saja ukurannya relatif ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari pertumbuhan buah duku itu sendiri. Rasa buah duku ini manis dan ada sedikit sensasi asam. Akan tetapi buah duku palembang rata-rata memiliki rasa manis hampir tidak memiliki rasa asam sama sekali, untuk itulah mengapa buah duku palembang menjadi terkenal.

Namun jika ditinjau dari kandungan gizinya. Semua jenis buah duku memiliki kandungan yang sama bagusnya untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin E, zat besi, mineral, dan lain-lain. Mungkin dari Anda tidak menyadari manfaat buah duku bagi ibu hamil ketika sedang mengandung janin, ternyata buah kecil yang satu ini memiliki manfaat yang baik ketika dikonsumsi bagi ibu hamil, tentunya dikonsumsi dengan cara yang wajar dan tidak berlebihan. Berikut beberapa manfaat baik dari buah duku untuk dikonsumsi ibu hamil:

Manfaat buah duku bagi ibu hamil untuk meningkatkan jaringan otak dan mencegah keguguran

manfaat buah duku bagi ibu hamilKetika konsultasi atau check-up ke dokter setiap kali masa hamil menjadi suatu hal wajar jika dokter memberikan multivitamin bagi Ibu yang mengandung bayinya, salah satunya adalah Asam Folat ini. Namun jika Ibu hami rajin mengkonsumsi buah-buahan dan salah satunya adakah buah duku ini, secara tidak langsung mendapatkan manfaat dari kandungan asam folat pada buah duku.

Kandungan asam folat dari manfaat buah duku bagi ibu hamil sangat berguna untuk menghidarkan calon bayi terlahir dengan cacat (amit-amit :)) dan meningkatkan kualitas sel darah merah, baik untuk janin maupun si ibu yang sedang mengandung.

Asam folat juga akan membantu proses pembentukan jaringan sel otak pada bayi agar tumbuh dengan sempurna karena DNA pada janin akan tumbuh selayaknya DNA normal pada janin. Maka dari itu banyak para dokter selalu memberikan vitamin asam folat pada ibu hamil ketika sedang check-up mengingat manfaat asam folat ini sangat vital bagi ibu hamil ketika sedang mengandung.

Namun selain vitamin asam folat yang diberikan dokter, ada baiknya mengkonsumsi buah yang mengandung asam folat seperti yang terdapat pada buah duku ini, selain bebas kimia dan bersifat alami, rasa manis dengan sensasi sedikit asam juga akan menyegarkan ketika dikonsumsi oleh ibu hamil yang terkadang sering mual-mual.

Manfaat buah duku bagi ibu hamil sebagai asupan multivitamin yang baik

Ketika sedang mengandung calon si buah hati dalam perut sang ibu, tentunya tidak ingin calon bayi terlahir dengan gejala kekurangan gizi, oleh karena itu diwajibkan sang ibu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin. Mencari buah yang mengandung multivitamin itu tidak harus dari buah yang mahal, banyak sekali buah murah dan banyak ditemui dengan segudang manfaat vitamin yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ya salah satunya dengan buah duku ini.

Selain bagus untuk janin, mengkonsumsi makanan yang mengandung multivitamin dapat menjaga kesehatan si ibu sendiri agar daya tahan tubuh tetap terjaga ketika menopang si buah hati selama dalam kandungan.

Menurut beberapa referensi buku-buku kesehatan, buah duku memiliki nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi ibu hamil, di dalam 1kg daging buah duku mengandung  mineral 7gr, fosfor 90mg, karbohidrat 130gr, protein, 10gr, lemak, kalsium sebanyak 180mg, dan lain-lain. Kandungan nutrisi pada buah duku dapat membantu memenuhi asupan multivitamin di dalam tubuh dengan dikombinasikan dengan buah dan makanan lainnya.

Karbohidrat pada buah duku akan membantu meningkatkan sumber energi dalam tubuh, sedangkan kalsium membantu proses pembentukan tulang pada janin seperti halnya kandungan kalsium yang terdapat dalam sayur-sayuran.

Dengan rasanya yang manis dan sedikit rasa asam, Ibu yang sedang hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi berbagai jenis-buah-buahan salah satunya buah duku ini mengingat rasanya yang akan memberikan sensasi segar dan manfaat baik yang didapat. Demikian beberapa manfaat buah duku bagi ibu hamil yang perlu diketahui.