Manfaat Buah Jambe yang Belum Banyak Diketahui

Buah Jambe lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan nama buah pinang. Seringnya tanaman pinang ini dimanfaatkan untuk permainan panjat pinang dalam rangka memperingati hari-hari besar salah satunya hari kemerdekaan.

Namun, ternyata tanaman ini tak sebatas hanya bisa digunakan untuk permainan panjat pinang karena manfaat buah jambe juga bisa digunakan untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat buah pinang yang dipercayai masyarakat adalah penambah stamina untuk pria.

Sebab sejak jaman dulu, buah jambe atau pinang ini sering dikonsumsi oleh para tentara Indonesia sebagai sumber energi untuk melawan para penjajah. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat dari buat pinang, berikut adalah ulasan lengkapnya.manfaat buah jambe

5 Manfaat Buah Jambe Untuk Kesehatan

  1. Manfaat buah jambe untuk obat cacing

Manfaat buah jambe yang pertama adalah sebagai obat cacing yang ampuh. Cara pembuatan ramuan herbal ini cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan buah pinang beberapa potong, kunyit setengah jari dan temulawak setengah jari juga. Setelah itu, bahan-bahan tersebut di rebus sampai dengan matang. Jika sudah mendidih, diangkat dan disaring air rebusannya. Air tersebutlah yang nantinya diminum untuk mengobati masalah cacingan. Anda cukup meminum ramuan ini sekali, dengan begitu cacingan akan hilang dengan cepat.

  1. Manfaat buah jambe untuk menjaga kesehatan gigi

Seperti yang kita ketahui, masyarakat jaman dahulu sudah terkenal memiliki gigi yang kuat bahkan hingga tua. Perlu Anda ketahui, gigi kuat tersebut dipercaya masyarakat karena kebiasaan menyirih dengan buah pinang yang masih muda setiap hari.  Dengan menyirih ini, gigi akan semakin kuat dengan gusi yang juga sehat.

  1. Manfaat buah jambe untuk mengobati kulit yang terluka

Manfaat buah jambe selanjutnya adalah mengobati kulit yang terluka. Anda yang secara tidak sengaja terjatuh, tergores  pisau atau barang lainnya bisa mempercepat proses penyembuhan dengan buah ini. Caranya cukup dengan menumbuh halus buah jambe yang masih muda. Setelah itu, balurkan pada bagian kulit yang terluka. Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini secara bertahap supaya luka cepat mengering dan sembuh.

  1. Manfaat buah jambe untuk obat sakit pinggang

Manfaat buah dari tanaman jambe selanjutnya adalah untuk mengobati sakit pinggang.  Saat bekerja terlalu keras atau membawa barang yang terlalu berat, pinggang akan  terasa sangat sakit. Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena bisa membuat aktivitas harian menjadi terganggu. Oleh karena itu, Anda yang tidak ingin menggunakan bahan kimia untuk mengobatinya bisa memanfaatkan buah pinang ini. Apalagi, cara pengobatannya juga sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyediakan buah pinang untuk kemudian di memarkan dan dihangatkan, entah dengan cara direbus atau dibakar sesuai selera. Selanjutnya, buah pinang tadi hanya perlu dikompreskan pada area pinggan yang terasa sakit.

  1. Manfaat buah jambe untuk meningkatkan vitalitas pria

Manfaat buah jambe yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Karena sudah banyak obat-obat perkasa yang menggunakan buah jambe sebagai salah satu bahannya. Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki senyawa yang mampu menstimulasi hormon agar gairah seks semakin terpacu.

Meskipun buah ini memiliki banyak manfaat, perlu Anda ingat bahwa mengonsumsi buah pinang tidak bisa dilakukan setiap waktu secara teratur. Sebab buah pinang memiliki kandungan racun yang akan terasa dampaknya setelah pemakaian dalam jangka waktu lama dan terus menerus. Gunakan ramuan buah jambe ini secukupnya saja. Apabila penyakit yang diderita sudah sembuh, maka segera hentikan mengonsumsi buah ini. Demikian ulasan terkait manfaat buah jambe, semoga bermanfaat untuk Anda.