Manfaat Buah Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tulang dan Tubuh

Pernahkah Anda memakan buah kolang kaling? Ya, buah yang biasanya disantap di bulan Ramadhan ini memang cukup lezat sebagai bahan makanan atau minuman khas Ramadhan. Ada yang mengolah buah ini menjadi sate kolang kaling dan ada juga yang mencampurkannya ke dalam minuman.

Apalagi saat bulan puasa banyak kolang kaling diburu masyarakat sebagai menu untuk berbuka. Biasanya buah ini di campurkan ke kolak atau sup buah. Warna dari buah ini adalah putih, berbentuk lonjong dan banyak mengeluarkan air. Selain lezat, manfaat buah kolang kaling  juga bagus untuk tubuh manusia.

Jika dilihat dari kandungannya, kadar air yang dihasilkannya sangat tinggi yaitu mencapai 93%. Daging buah juga memiliki kandungan karbohidrat sebanyak empat gram dan protein sebesar 0,68 gram. Selain kedua kandungan tadi kolang-kaling juga memiliki kandungan kalsium, vitamin A,B,C, zat besi dan juga kandungan gelatin sehingga cocok untuk memperlancar metabolisme tubuh. Buah kolang-kaling berasal dari pohon aren yang banyak dijumpai di Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas mengenai manfaat buah kolang kaling bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Kolang-kaling Bagi Kesehatanmanfaat buah kolang-kaling

Manfaat Buah Kolang-kaling untuk sebagai Obat Gatal

Jika kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif atau mudah alergi dengan makanan, sekarang tidak perlu khawatir untuk menyembuhkannya. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya tetapi jika gatal menyerang tubuh akan menyebabkan rasa yang kurang nyaman. Bisa dibayangkan jika sedang menghadiri sebuah acara formal dan tiba-tiba gatal menyerang dapat dipastikan Anda akan tersiksa. Ternyata manfaat buah ini dapat mengobati gatal-gatal yang menyerang tubuh. Anda bisa menggunakan getah kolang kaling untuk dibalurkan ke tubuh yang gatal. Lakukan hal ini secara rutin agar gatal-gatal sembuh.

Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Memperkuat Tulang

Tulang memang menjadi bagian tubuh yang berfungsi melindungi organ-organ tubuh lainnya. Jika tulang mengalami osteoporosis, tentunya semua aktivitas akan terganggu. Sebagian besar orang memperkuat tulang dengan cara minum susu yang berkalsium tinggi. Padahal kolang kaling juga bagus untuk tulang Anda. Kandungan kalsium dari buah ini mencapai 91 kalsium setiap 100 gram. Jika setiap hari dikonsumsi maka kepadatan tulang Anda semakin bertambah.

Makanan Diet yang Sehat

Memiliki tubuh ideal adalah idaman setiap orang, khususnya kaum perempuan. Mereka akan berlomba-lomba menurunkan berat badan jika terlihat kurang ideal. Ada banyak cara yang akan dilakukan, bahkan sampai hal yang berbahaya pun akan dilakukan demi tubuh ideal. Padahal di lingkungan sekitar da jenis buah sehat yang bisa dijadikan makanan untuk program diet. Kolang kaling menjadi salah satu yang bisa digunakan sebagai makanan diet Anda. karbohidrat yang dikandung di dalamnya mampu mengenyangkan perut lebih lama.

Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Memperlancar Pencernaan

Pencernaan adalah proses terpenting dalam tubuh. Akan tetapi terkadang ada beberapa masalah yang membuat pencernaan tidak lancar. Mengonsumsi buah kolang kaling setiap hari dalam memperlancar metabolisme tubuh sehingga pencernaan menjadi lancar pula. Paling tidak dalam sehari bisa memakan buah ini sebanyak sepuluh sampai lima belas butir. Manfaat buah kolang kaling disini untuk mengatasi sembelit karena kaya akan serat.

Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Mengobati Radang Sendi

Jika sering mengalami nyeri pada sendi, bisa diredakan dengan mengonsumsi buah kolang kaling. Galaktomanan yang terdapat di dalamnya mampu meredakan nyeri pada persendian. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari sebanyak 100 gram dengan merebusnya tanpa tambahan gula.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kolang kaling bagi tubuh yang bisa dijadikan referensi. Selain mudah ditemukan, cara mengolahnya juga sangat mudah.  Bisa diolah menjadi minuman atau makanan dengan bahan dasar buah ini. Semoga informasi yang dijelaskan di atas bermanfaat.

Baca juga: 

Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil Dan Kesehatan Janin