Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Buah ungu yang satu ini memang buah yang unik. Ya, buah manggis namanya. Buah manggis dikenal sebagai ratu buah karena kandungan dan khasiat yang ada pada buah tersebut untuk kesehatan seperti dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Yang terkenal dari buah manggis ini adalah kandungan anti oksidannya yang tinggi.

Dalam istilah ilmiah buah manggis disebut juga sebagai Garcinia Mangostana, yang mana pohon buah manggis ini hanya dapat tumbuh di daerah kawasan tropis seperti Indonesia. Buah manggis memiliki tiga bagian utama yaitu kulitnya yang berwarna ungu, daging buahnya yang berwarna putih, dan terakhir bijinya yang terdapat didalam daging buah manggis itu sendiri.

Buah manggis memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga banyak orang yang menyukai si “ratu buah” ini. baik dikonsumsi pada saat santai maupun untuk pengobatan. Sejak dulu, buah manggis sudah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, dan memang saat ini sudah terbukti secara ilmiah bahwa khasiat buah manggis ini tidak diragukan lagi. Maka dari itu banyak produsen obat herbal yang sudah memproduksi ekstrak dari buah ini, salah satunya yang paling populer adalah ekstrak kulit manggis yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi.manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh

Berikut ini adalah manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh:

Buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi

Hasil penelitian dari para ahli menunjukan bahwa didalam buah manggis ini tedapat senyawa antioksidan yang disebut dengan polifenol dan xanthones. antioksidan ini bersifat menyembuhkan sel-sel rusak pada tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini bisa dari polusi udara, makanan yang terkontaminasi seperti pengawet, racun dan lain-lain. Antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini serta menangkal berbagai penyakit berbahaya yang bisa masuk dalam tubuh, salah satunya adalah kanker yang mematikan.

Buah manggis baik untuk diet

Di dalam buah manggis mengandung kalori ayng sangat rendah, menurut data hanya terdapat 63 kalori per 100g dari buah manggis dan tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Sehingga buah manggis ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain itu kandungan seratnya juga cukup tinggi yang baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki berat badan yang lebih.

Buah manggis dapat melancarkan peredaran darah

Mengkonsumsi buah manggis secara rutin dapat mencegah penggumpalan dalam pembuluh darah karena terdapat zat yang mampu memperlancar aliran darah dalam tubuh. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah penyakit seperti kolesterol, aterosklerosis bahkan penyakit katarak.

Intinya jika peredaran dara pada tubuh kita lancar selalu dan tidak ada masalah, maka resiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan aliran darah akan berkurang, salah satunya dengan manfaat buah manggis.

Buah manggis dapat membuat awet muda

Karena didalam buah manggis terdapat senyawa yang bersifat antibakteri secara alami dan anti mikroba yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Mengkonsumsi buah manggis secara rutin dapat membantu mengobati berbagai permasalahan pada kulit wajah seperti noda jerawat, kulit berminyak, dan kulit wajah yang kering.

Hal yang menjadi kelebihan dari buah manggis ini dibandingkan dengan buah lainnya adalah senyawa yang disebut dengan Santon, terutama pada kulitnya. yang mana kandungan senyawa Santon pada buah manggis paling tinggi dibandingkan dengan buah-buah lainnya.

Senyawa yang terdapat pada buah manggis ini sangat efektif untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, mencegah penuaan dini pada wajah, dan lain-lain. Selain Senyawa Santon, anti radikal bebas yang terdapat pada buah manggis akan menjadikan wajah anda terlihat cerah dan awet muda jika mengkonsumsi buah manggis secara rutin, baik buahnya ataupun ekstrak kulit manggis itu sendiri.

Demikian beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh.