Manfaat Buah Matoa Bagi Ibu Hamil dan tidak Mengganggu Janin

Mungkin Anda masih asing dengan buah metoa. Buah matoa tumbuh subur di Papua dan tergolong ke dalam tumbuhan tinggi. Ketinggian tanaman ini hingga mencapai delapan belas meter dari permukaan tanah. Di Papua sendiri tumbuhan ini tersebar hingga seluruh daerah Papua.

Buah yang menyerupai kedondong ini memiliki manfaat yang tersembunyi. Tidak hanya bagi masyarakat pada umumnya, ternyata ada manfaat buah matoa bagi ibu hamil. Ibu atau wanita hamil terkadang memiliki banyak pantangan dalam mengonsumsi makanan. Apalagi dari segi buah, ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan ketika sedang hamil khususnya hamil muda.

manfaat buah matoa bagi ibu hamilDitakutkan jika mengonsumsi buah sembarangan dapat mengganggu janin di dalam kandungan. Bentuk buah matoa ini adalah oval dan kulitnya licin, keras dengan warna cokelat kemerah-merahan. Cara memakannya pun sama seperti ketika makan buah klengkeng atau rambutan. Bau yang dihasilkan dari matoa matang seperti durian. Terkadang orang yang memakan buah ini akan mengalami rasa mual dan pusing karena banyaknya kadar gula yang tinggi. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat buah matoa khas bumi cendrawasih ini.

Beberapa Manfaat Buah Matoa Bagi Ibu Hamil yang Menyehatkan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah matoa bagi ibu hamil pertama adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Wanita yang hamil sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh sebab itu, sistem kekebalan tubuhnya harus dijaga agar janin dalam perutnya juga sehat. Nah, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah matoa dapat mencegah radikal bebas dan membantu memperkuat daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat dapat menghindarkan dari berbagai virus penyakit.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Buat matoa ternyata juga mengurangi resiko penyakit jantung pada ibu hamil. Masih tentang kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya yang bisa mengurangi serangan jantung. Sangat berbahaya bukan bila ibu hamil terserang penyakit jantung. Padahal wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan minum obat yang mengandung bahan kimia tinggi. Jadi, buah matoa sangat cocok dikonsumsi sebagai pengurang resiko penyakit jantung.

Mengatasi Stres

Manfaat buah matoa bagi ibu hamil berikutnya untuk mengatasi stres. Wanita yang sedang hamil kadar hormon dalam tubuh menjadi tinggi sehingga emosi tidak stabil. Suasana hati yang kadang baik dan kadang memburuk bisa mengakibatkan stres. Hal ini dapat mengganggu kesehatan si buah hati. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah metoa dapat mengatasi stres pada ibu hamil. Kandungan vitamin E dalam buah ini mampu menenangkan secara alami suasana hati. Caranya cukup memakan buah ini setiap hari dengan jumlah yang terbatas.

Menyehatkan Kulit

Wanita hamil selain dapat terserang berbagai virus penyakit juga mengalami masalah pada kulitnya. Kulit yang tidak sehat seperti kusam, kering ataupun berminyak sering dialami pada saat hamil. Banyak diantara mereka yang menggunakan pelembab berbahan kimia untuk mengatasinya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata buah matoa dapat menyehatkan kulit. Kandungan vitamin E selain dapat mengurangi stres bisa digunakan untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Vitamin E dapat menjaga kerusakan sel-sel tubuh karena bertugas sebagai antioksidan.

Bagi ibu hamil itulah beberapa manfaat dari buah matoa yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan saat hamil. Lalu bagaimana cara mendapatkan buah ini? Apakah harus pergi ke Papua. Tentunya buah ini sudah tersedia di toko-toko di luar daerah Papua. Harganya tidak terlalau mahal per kilogramnya hanya tiga puluh ribu rupiah saja. Semoga artikel tentang manfaat buah matoa bagi ibu hamil ini bermanfaat.