Manfaat Buah Naga untuk Anak Sebagai MPASI

Dari berbagai macam bahan makanan yang dimanfaatkan sebagai makanan pendamping ASI alias MPASI, buah naga adalah salah satu pilihan yang banyak dipakai oleh para ibu.

Mungkin saat ini Anda sedang merasa cemas, apakah buah naga memang aman diberikan kepada buah hati Anda, mengingat adanya banyak biji yang terdapat di dalam buah ini.

Tapi, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Sebab, buah ini sudah terbukti aman untuk dikonsumsi buah hati Anda sejak si kecil berusia 6 bulan. Dan sampai saat ini, tidak ada risiko alergi yang ditemukan ketika buah ini dikonsumsi.

Jadi, Anda pun bisa memberikan berbagai manfaat buah naga untuk anak Anda sebagai MPASI, dan berikut ini adalah berbagai kebaikan buah naga untuk kesehatan buah hati!

Kandungan Antioksidan Tinggi

Buah naga memiliki kandungan zat antioksidan yang kaya, seperti riboflavin dan flavonoid. Selain itu, jumlah zat antioksidan yang terdapat di dalam buah naga juga dalam jumlah banyak. Dalam 100 gram buah naga, sudah terkandung riboflavin yang jumlahnya adalah 2,9% dari jumlah kebutuhan harian.

Dan seperti yang sudah diketahui, antioksidan bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang sudah semakin banyak ditemukan akhir-akhir ini lantaran lingkungan yang tak lagi bersih dan penuh polusi. Dengan demikian, antioksidan membantu melindungi selaput sel buah hati Anda agar tidak dirusak oleh radikal bebas.

Menjaga Kondisi Jantung

Siapa bilang masalah jantung hanya perlu dicemaskan oleh orang dewasa atau lanjut usia? Untuk tubuh si kecil yang selalu sehat dan kuat sampai ia besar nanti, termasuk kondisi jantung yang sehat dan prima, maka Anda perlu pastikan bahwa nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak akan menyebabkan masalah jantung di kemudian hari.

Dan kandungan serat yang tinggi di dalam buah naga serta kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol buruk di dalam tubuh pun akan sangat bermanfaat demi kesehatan jantung si kecil sampai ia dewasa nanti.

Menjaga Kesehatan Tulang

Nutrisi lain yang terkandung di dalam buah naga adalah beragam mineral seperti potasium yang juga mengandung flavonoid dan fenolik. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat dalam menunjang proses pembentukan tulang buah hati sambil menjaga kesehatan tulang pada waktu yang bersamaan. Dan dengan konsumsi buah naga secara teratur, maka risiko arthritis pun dapat dicegah di kemudian hari.

Kaya Serat untuk Pencernaan Sehat

Tingginya kandungan serat di dalam buah naga membuat buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai sumber makanan rendah kalori dan tinggi serat. Dan dengan mengenalkan si kecil dengan buah ini sejak dini, maka Anda juga bisa menjaga pencernaan buah hati tetap sehat sekaligus menstabilkan kadar gula di dalam darah.

Dengan mengetahui manfaat buah naga untuk anak atau buah hati Anda, dapat membantu agar terhindar dari risiko obesitas pada saat yang bersamaan sambil menjaga pencernaan tetap sehat.