Manfaat Buah Pinang Tua

Areca catechu adalah nama ilmiah dari buah pinang yang banyak tumbuh di daerah Afrika bagian timur, Asia dan daerah Pasifik. Pemilik batang langsing dan lurus ini biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Buahnya berbentuk bulat dengan warna hijau jika masih muda dan didominasi warna merah untuk buah yang sudah tua. Buah ini telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu. Manfaat buah pinang tua maupun muda sudah dirasakan oleh banyak orang.

Zaman dahulu, buah pinang dimanfaatkan dalam bentuk aslinya. Tetapi, saat ini buah pinang diolah dengan baik agar manfaat buah ini dapat dirasakan oleh semua kalangan. Saat ini, buah pinang diolah menjadi juice dengan tambahan bahan lain seperti madu dan susu.

Hal ini bertujuan agar rasa pahit yang terdapat dalam buah pinang berubah menjadi manis dan enak untuk dinikmati. Manfaat buah pinang tua atau muda antara lain sebagai Antibakteri, Antivirus, Antikarsinogenik, Anti-Inflamasi, Anti-Alergi dan Vasodilata.

Olahan buah pinang (juice buah pinang) dapat dikonsumsi oleh siapa saja, terutama bagi olahragawan dan orang-orang yang memiliki banyak aktivitas. Karena, manfaat buah pinang tua maupun muda akan meningkatkan stamina tubuh dan memelihara anda dari beragam penyakit. Tak ada salahnya memanfaatkan buah ini. Meskipun dengan bentuk yang kecil, buah pinang mengandung manfaat yang besar.

Manfaat Buah Pinang Tua untuk memerangi penyakit

manfaat buah pinang tuaManfaat lain dari buah pinang diantaranya mengatasi Perut kembung, Luka, Cacingan, Batuk berdahak, Diare, Kudis; Koreng, Beri-beri, Malaria, Difteri; Tidak nafsu makan, Sembelit, Sakit pinggang, Sakit gigi dan gusi. Manfaat buah pinang tua/muda juga berguna bagi wanita, yaitu mengatasi terlambat haid dan keputihan. Biji, daun dan sabut adalah bagian dari buah pinang yang dimanfaatkan untuk mengatasi beberapa penyakit tersebut.

Biji buah pinang dapat mengobati cacingan Taeniasis, Fasciolopsiasis, Perut kembung akibat gangguan pencernaan, Bengkak karena retensi cairan (edema), Rasa penuh di dada, Luka, Batuk berdahak, Diare, Terlambat haid, Keputihan, Beri-beri, Malaria, Memperkecil pupil mata (Miosis) pada Glaucoma. Daun pinang dapat mengatasi Sakit pinggang (Lumbago) dan kurangnya nafsu makan.

Sementara itu, Sabut pinang digunakan untuk mengatasi Gangguan pencernaan (Dyspepsia), Sembelit, Edema dan Beri-beri. Inilah beberapa manfaat buah pinang untuk memerangi beragam penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh kita.

Manfaat Buah Pinang Tua: Kandungan Buah Pinang

Selain dari banyaknya manfaat buah pinang tua atau muda, buah yang memiliki banyak nama ini juga memiliki banyak kandungan zat, diantaranya, alkoloida (arecaine dan arecoline) terkandung pada rasa pahit yang dimiliki oleh biji pinang, bersifat racun dan adiktif.

Selain itu terdapat banyak kandungan lainnya, yaitu Arecaidine, Arecolidine, Guvacoline, Guracine (Guacine) dan zat-zat senyawa lainnya. Manfaatkan buah yang mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh, selain buah pinang juga masih banyak buah-buah lainnya.

Tentu kita percaya bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, hal terbaik yang harus dilakukan adalah selalu menjaga dan memelihara kesehatan jasmani dan rohani. Meskipun kita telah mengetahui banyak manfaat buah pinang tua/muda yang ampuh memerangi berbagai jenis penyakit, tentu pencegahan yang kita lakukan akan lebih bermanfaat bagi kita dan lingkungan sekitar. Jangan remehkan hal-hal kecil disekeliling kita, karena bisa saja hal itu justru menjadi bencana besar bagi kesehatan kita.