Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Hamil Dan Kesehatan Janin

Perlu Anda ketahui, ada beberapa manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang belum banyak diketahui. Perempuan yang sedang hamil biasanya menginginkan makanan yang segar dan asam. Ada juga yang menginginkan buah rambutan saat ngidam. Untuk itu, sangat penting bagi Anda yang tengah mengandung untuk mengonsumsi buah yang khas dengan rambutnya ini agar memperoleh manfaat yang bagus untuk kandungan Anda.

Buah rambutan merupakan buah yang tumbuh subur di Indonesia. Rasa yang manis dan kadar air di dalamnya yang tinggi membuat buah ini banyak diminati. Apalagi jika musim rambutan tiba, banyak orang menjajakannya di pinggir-pinggir jalan dengan harga murah. Buah ini bisa menggantikan camilan untuk ibu hamil. Selain enak, manfaat buah rambutan bagus untuk ibu hamil. Lebih jelasnya, berikut ini uraian lengkap terkait manfaat dari buah khas Indonesia ini.

Manfaat Buah Rambutan untuk Ibu Hamil Tanpa Mengganggu Janin

manfaat buah rambutan untuk ibu hamilDapat Memenuhi Kebutuhan Serat Ibu Hamil

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang pertama adalah kandungan serat yang dimiliki buah ini. Serat tinggi yang terdapat dalam buah rambutan mengandung kalori yang cukup rendah. Serat ini mampu menunda rasa lapar yang tidak terkontrol pada ibu hamil. Metabolisme tubuh pada ibu hamil juga akan terjaga sehingga memperlancar buang air besar.  Jika ibu hamil mengonsumsi buah ini tentunya rasa lapar akan berkurang dan tubuh juga tidak akan menjadi membengkak besar.

Memberikan Sumber Energi

Kalori yang terdapat di dalam  buah ini dapat memenuhi asupan kalori yang seimbang bagi ibu hamil. Ibu yang hamil biasanya dituntut untuk memperhatikan kondisinya dan janin. Apalagi untuk kandungan setiap asupan makanan yang dimakan. Nah, buah rambutan dapat memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil sebesar 2.000 per hari apabila mengonsumsinya sebanyak seratus gram setiap harinya. Setiap 100 gram buah rambutan mengandung 84 kalori atau setidaknya dapat mencukupi 4,3% dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Memberikan Vitamin yang Banyak Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil berikutnya adalah memberikan kebutuhan vitamin yang banyak. Dalam setiap buah rambutan kaya akan vitamin C dan dapat mencapai 40%. Vutamin C berfungsi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh. Apalagi saat hamil tubuh mudah lelah dan mudah terkena penyakit. Saat hamil banyak dibutuhkan vitamin C setiap harinya. Selain itu rambutan juga mempunyai kandungan niacin atau vitamin B3.

Mengandung Asam Folat

Asam folat sangat baik untuk ibu hamil karena dapat membantu pembentukan janin dan mencegah cacatnya otak pada janin. Di dalam buah ini juga mengandung vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Tulang dan otot yang kuat sangat penting bagi ibu hamil. Terkadang saat hamil banyak gangguan yang terjadi di tulang dan juga otot. Ibu hamil yang mengonsumsi rambutan dapat menjaga kesehatan otot dan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor dapat membantu pembentukan tulang pada  janin sehingga saat bayi lahir mempunyai tulang yang kuat.

Buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini ternyata mempunyai manfaat yang luar bisa. Ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin. Selain bermanfaat bagi dirinya, tentunya bermanfaat bagi bayi yang dikandungnya. Itulah tadi manfaat buah rambutan untuk ibu hamil. Semoga dapat bermanfaat bagi ibu-ibu yang sedang hamil dalam memilih jenis buah yang akan di konsumsi.

Baca juga:

Manfaat jus jambu biji bagi kesehatan dan kecantikan