Manfaat Buah Simpalak untuk Mengusir Tikus Secara Alami

Buah simpalak memang tidak begitu dikenal oleh masyarakat. Buah yang satu ini memang bukan buah yang dikonsumsi oleh manusia. Manfaat buah simpalak biasanya digunakan sebagai pengusir tikus secara alami. Pohon ini bisa dijumpai dengan mudah di pinggir-pinggir jalan.

Ciri-ciri pohon simpalak diantaranya adalah memiliki tinggi sekitar 3 sampai dengan 5 meter. Memiliki daun yang lebar memanjang seperti daun pohon mangga, tetapi lebih lebar sedikit. Pohon ini juga memiliki Bunga putih yang hampir mirip bunga kamboja ketika dilihat dari jauh. Kemudian yang lebih penting, buah pohon ini berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan. Buah inilah yang nantinya bermanfaat untuk mengusir kucing secara alami.

manfaat buah simpalakManfaat Buah Simpalak yang Lainnya

Buah yang sering tidak kita sadari sebagai buah yang bermanfaat, ternyata dapat pula memberi manfaat yang nyata bagi tubuh. Tak banyak yang tahu perihal manfaat buah ini. Mari langsung simak saja beberapa manfaat buah simpalak, berikut ini.

Buah alami pengusir hama tikus

Dalam satu buah simpalak terdapat kandungan racun dan senyawa cermin yang sangat tinggi. Racun yang dihasilkan oleh buah simpalak ini sangat kuat sehingga siapa pun yang tidak sengaja mengonsumsi buah ini akan berakibat fatal, bahkan sampai pada kematian. Untuk mengusir tikus, tak perlu membelah atau mengolah buah ini menjadi suatu ramuan tertentu.

Cukup meletakkan buah ini di sudut atau tempat-tempat yang sering dilewati tikus, misalnya di dapur, kamar mandi, atau di plafon. Meski hanya diletakkan saja, buah ini mampu mengusir tikus. Aroma buahnya yang tidak disukai tikus membuat mereka tidak akan datang kembali.

Racun alami untuk melemahkan binatang buruan

Manfaat buah simpalak yang lainnya adalah sebagai racun alami untuk melemahkan binatang buruan. Manfaat yang satu ini mungkin tidak akan dirasakan bagi Anda yang tinggal di kota. Pada jaman dahulu, buah ini sering dilumurkan pada ujung tombak atau ujung anak panah untuk melemahkan binatang buruan. Saat ini, manfaat ini masih sering digunakan untuk berburu ikan di sungai, khususnya mereka yang masih tinggal di desa.

Mengusir nyamuk

Aroma buah ini juga tidak disukai nyamuk. Meletakkan buah ini di dalam rumah juga bisa membantu mengusir nyamuk. Hati-hati, jangan sampai buah ini dimainkan oleh anak-anak karena kandungan racunnya yang tinggi akan berbahaya bagi buah hati Anda.

Selain beberapa manfaat di atas, buah simpalak juga sering dijadikan tanaman penghijauan yang sering ditemukan di sisi kanan kiri jalan. Di Jakarta, keberadaan pohon simpalak sangat mudah ditemukan. Buah ini bahkan memiliki nama lain, yaitu buah Bintaro. Meskipun sudah diketahui bahwa manfaat buah simpalak ini adalah untuk pengusir hama, masyarakat Jakarta tidak suka mengambil buahnya langsung dari pohon, tetapi lebih suka membeli yang sudah dikeringkan.

Demikian adalah beberapa manfaat buah simpalak yang sebelumnya mungkin tidak kita sadari. Tikus yang berkeliaran di dalam rumah tentu akan sangat mengganggu penghuni rumah. Rumah yang dihuni tikus pun dapat mengurangi tingkat kebersihan karena tikus membawa banyak kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Dengan memanfaatkan buah ini, diharapkan rumah Anda akan terbebas dari gangguan hama tikus yang mengganggu. Ingat, untuk mengusir tikus, letakkan buah ini di tempat yang tidak terjangkau anak supaya tidak membahayakan. Kandungan racunnya yang tinggi tak hanya dapat membunuh hewan, tetapi juga manusia. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda.