Manfaat Buah Talok atau Buah Kersen untuk Kesehatan

Apakah Anda mengenal buah talok? Buah talok yang matang berwarna merah hingga merah tua. Di berbagai tempat, buah ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya sebagai buah kersen, kersem, ceri atau anggur.

Secara ilmiah, buah ini mempunyai nama latin Muntingia Calabura L yang masih termasuk dalam keluarga Elaecarpeceace. Buah ini berukuran kecil dan mempunyai rasa yang manis. Setelah melalui beberapa penelitian, terdapat beberapa manfaat buah talok untuk kesehatan. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda simak dalam artikel sederhana ini.

manfaat buah talokManfaat Buah Talok untuk Kesehatan

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat buah talok ini sangat penting untuk kesehatan. Pohon yang sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan atau di tanah kosong ini ternyata memiliki banyak manfaat. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat buah ini, ada baiknya kita mengenali bagaimana ciri-ciri buah ini. Pohon kersen bisa tumbuh dengan ketinggian antara 3 sampai dengan 6 meter.

Di beberapa tempat, pohon ini bahkan bisa mencapai ketinggian 12 meter. Selain banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, buah ini ternyata dapat pula ditemui di berbagai negara lain, seperti India, Inggris, Meksiko, Kosta Rika, Kamboja, Vietnam, Thailand dan lain-lain.

Buah Talok bisa tumbuh di daratan yang kering. Pohon yang tumbuh di pinggir-pinggir jalan sering dimanfaatkan untuk tempat berteduh dan area bermain yang nyaman. Selain buahnya, kayunya juga bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar. Manfaat buah talok memang cukup banyak untuk kehidupan manusia.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah talok adalah lemak, protein, kalsium, zat besi, serat, fosfor, vitamin B1, tannin, Vitamin C, Karotin, niacin, serta riboflavin. Dari kandungan nutrisi ini, buah ini memiliki manfaat sebagai berikut.

  1. Mengurangi nyeri karena asam urat
  2. Mengatasi diabetes
  3. Antiinflamasi atau dapat mengatasi radang
  4. Membantu meringankan gejala pilek
  5. Mengurangi resiko kejang di saluran cerna yang diakibatkan oleh diare dan gastritis (antipasmodik)
  6. Antibakteri

Buah kersen bisa dikonsumsi langsung. Rasanya yang manis membuat siapa pun mudah mengonsumsi buah ini. Namun, jika Anda enggan mengonsumsi buah kecil-kecil ini, cara terbaik untuk mengonsumsinya adalah dengan mengolahnya menjadi sirup manis yang lezat. Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat sirup buah ini adalah buah kersen matang yang berwarna merah, gula pasir, kayu manis, vanilla, dan garam. Manfaat buah talok masih bisa dipertahankan meskipun Anda mengolahnya menjadi sirup.

Cara membuat sirup ini pun sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan buah talok atau kersen yang sudah matang. Tumbuklah buah ini untuk memisahkan bagian isi dari kulitnya setelah itu rebus dengan perbandingan 1 (kersen) : 3 (air). Sambal direbus, tambahkanlah gula, garam, kayu manis, dan vanilla secukupnya. Setelah mendidih dan mengental, segera saring sirup ini untuk membuang bagian ampasnya. Lalu, sirup pun sudah dapat dinikmati sebagai minuman lezat yang sangat bermanfaat.

Pohon liar ini ternyata memiliki banyak manfaat yang menyehatkan. Untuk mereka yang semasa kecilnya tinggal di desa, pasti pernah merasakan bagaimana serunya bermain di pohon kersen sambal memetik buahnya. Anak-anak biasanya memakan langsung buah kersen ini setelah dipetik dari pohonnya. Karena tinggi pohon yang rata-rata hanya 3 – 4 meter, pohon ini juga sering dimanfaatkan sebagai rumah pohon bagi anak-anak. Demikian adalah ulasan mengenai manfaat buah talok untuk kesehatan. Semoga informasi ini menambah pengetahuan Anda.