Manfaat Jus Jambu Merah Biji bagi Penderita Diabetes

Buah jambu biji sejak lama digunakan sebagai terapi untuk berbagai penyakit. Ada banyak manfaat jus jambu merah biji dari mengobati hal sederhana hingga komplikasi penyakit yang kronis. Ada anggapan bahwa jambu biji berwarna merah berbeda dengan jambu berwarna putih. Sebenarnya kedua jenis jambu ini sama atau dengan kata lain satu spesies. Perbedaan yang tampak hanya sekedar variasi atau ras, namun dari sisi struktur DNA adalah sama.

Jambu biji merah cenderung berasal dari Amerika Selatan sedangkan yang putih di Asia. Jambu biji merah adalah tumbuhan tropis jadi akan tumbuh dimanapun selama di negara dengan iklim tersebut. Selain rasanya yang lezat, ternyata khasiat yang dimiliki bukanlah isapan jempol belaka. Jambu jenis ini nyatanya mampu membantu proses penyembuhan penyakit seperti diabetes.

Manfaat Jus Jambu Merah untuk Membantu Penyembuhan Diabetes

manfaat jus jambu merahAda banyak manfaat buah jambu yang terkait dengan diabetes. Manfaat pertama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu masalah pada penderita diabetes adalah penyembuhan luka yang sangat lama karena darah lambat menggumpal. Jika luka yang ditimbulkan tidak kunjung kering, ada kemungkinan kuman atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu manfaat jus jambu merah adalah menetralisir toksi berbahaya karena terdapat zat khusus yang juga ditemukan pada banyak buah tropis. Makan jambu merah teratur akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh secara langsung maupun tidak langsung. Banyak ahli menyarankan buah ini aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Jambu biji mengandung gula buah atau fruktosa yang terkandung dalam serat buah. Diabetes melitus tipe 2 terjadi karena kadar gula dalam darah tinggi akibat kekurangan insulin. Gula dalam darah berbentuk glukosa yang dapat ditemui pada gula tebu, roti, atau makanan berkarbohidrat lain. Pada kondisi normal, glukosa akan berubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan tubuh dan jika berlebih akan diubah menjadi cadangan lemak dalam otot.

Salah satu manfaat jus jambu merah adalah mengurangi resiko kadar gula tinggi karena fruktosa lambat untuk diserap oleh sistem peredaran darah. Insulin hanya bereaksi terhadap glukosa sehingga ketika tubuh akan menggunakan fruktosa harus diubah terlebih dahulu sehingga cukup memakan waktu. Jadi, jambu merah ini menjadi alternatif makanan manis yang tepat bagi penderita diabetes.

Manfaat jambu merah yang selanjutnya adalah membantu penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Potasium dan kalium yang terkandung dalam buah ini akan menstabilkan kondisi darah hingga pada lebel normal. Penderita diabetes cenderung terkena komplikasi penyakit seperti hipertensi. Jika gula darah meningkat, ada resiko untuk terjadi tekanan darah sehingga dibutuhkan zat tertentu yang cepat bereaksi pada kondisi ini.

Hipertensi pada penderita diabetes bisa menjadi jalan masuknya penyakit degeneratif lanjutan seperti stroke atau daya penglihatan menurun. Dua hal ini sering ditemui pada pasien karena mereka tidak mampu mengontrol asupan gizi. Jus jambu menjadi pilihan tepat sebab sangat mudah ditemui serta sangat efektif untuk menjaga tekanan darah.

Terakhir adalah antioksidan dan pencernaan yang erat kaitannya dengan manfaat jambu. Sebenarnya masih banyak buah lain yang bisa dijadikan sumber antioksidan untuk mencegah radikal bebas tetapi jambu merah memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa buah sangat sensitif pada sistem pencernaan manusia apalagi dimakan dalam jumlah banyak.

Selain itu, tidak semua buah dapat dimakan setiap saat. Jambu merah biji adalah pilihan terbaik untuk mereka yang ingin sehat dan terhindar dari radikal bebas tanpa mengalami masalah pencernaan. Hal ini menjadi salah satu manfaat jus jambu merah karena penderita diabetes memiliki keterbatasan dalam pola makan.