Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya semua buah-buahan itu baik untuk kesehatan, tidak terkecuali buah manggis. Selain rasanya yang enak, didalam kandungan kulit buah manggis ini terdapat manfaat spesifik yang dapat diambil jika mengkonsumsinya. Saat ini banyak buah manggis ini dijadikan ekstrak dan jus terutama kulitnya.

Sebenarnya buah manggis sudah dijadikan sebagai obat herbal sejak dulu, mulai dari buahnya sampai kulitnya dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan terapi pengobatan berbagai penyakit. Mungkin banyak diantara kita yang selau membuang kulit manggis setelah mengkonsumsinya, namun ternyata dibalik teksturnya yang keras dan terlihat tidak ada gunanya itu dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat-kulit-manggis-bagi-kesehatan-tubuhSalah satu kandungan yang terkenal dari kulit buah manggis ini adalah zat yang dinamakan Xanthone. Kandungan Xanthone dalam kulit manggis cukup tinggi yang didalamnya terkandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, kanker, ginjal, hepatitis, stroke, dan lain-lain.

Di Indonesia memang belum banyak yang melakukan penelitian tentang manfaat kulit manggis ini, namun cukup banyak penelitian di luar negeri yang membuktikan bahwa didalam kulit manggis terdapat khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dan ampuh mengatasi berbagai jenis penyakit berkat adanya senyawa Xanthone yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Berikut manfaat kulit manggis bagi kesehatan.

Khasiat Kulit Manggis untuk Pengobatan Kolesterol

Kulit buah manggis efektif untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan membuat ramuan sederhana secara alami. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa potong kulit manggis dengan kurang lebih 1/3 gelas hangat. Setelah itu campuran air dan kulit manggis ini di blender atau di tumbuk. Agar lebih enak dapat dicampurkan dengan susu atau gula aren. Setelah itu semua campuran tersebut disaring hingga didapatkan ekstrak kulit manggis. Minumlah ekstrak tersebut 2 sampai 3 kali sehari.

Khasiat Kulit Manggis untuk pengobatan Diabetes

Kulit buah manggis juga dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Cara membuat ramuannya mudah saja, seperti ramuan sebelumnya, campurkan air dengan beberapa potong kulit buah manggis kemudian di blender. Setelah didapatkan ekstraknya, tambahkan madu dan minum 2 sampai 3 kali sehari.

Dari beberapa ramuan sederhana seperti diatas, Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidan yang terdapat dalam senyawa Xanthone yang ampuh menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh kapan saja.

Jika Anda senang dengan Jus, Kulit buah manggis juga nikmat dijadikan jus. Jika ekstrak kulit manggis ini dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuh.