Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan pada Olahan Makanan

Tahukah Anda bahwa ternyata manfaat minyak zaitun untuk kesehatan terutama pada olahan makanan dapat membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan anda secara berkesinambungan.

Dahulu mungkin sedikit orang yang menggunakan minyak zaitun sebagai olahan masakan karena mungkin sulitnya menemukan minyak zaitun, atau kurang pengetahuan tentang bagaimana cara mengolah masakan yang dipadukan dengan minyak zaitun ini.

Namun seiring dengan waktu dan perkembangan resep masakan, saat ini banyak orang yang menggunakan minyak zaitun digunakan sebagai olahan masakan. Mulai dari chef terkenal sampai masyarakan kelas menengah kebawah tahu dan mulai banyak menggunakan minyak zaitun sebagai olahan makanan.

Di dalam minyak zaitu yang asli mengandung omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak dan membantu mencegah kerusakan sel syaraf otak. Selain itu minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan vitamin K serta lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebenarnya manfaat minyak zaitun ini (buah zaitun) sudah digunakan sejak sangat lama, bahkan 300 tahun yang lalu. Minyak ini digunakan sebagai salah satu obat tradisional dan kecantikan. Agar manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tidak hilang khasiatnya, sangat disarankan disimpan didalam lemari es setelah digunakan.

Manfaat minyak zaitun untuk mencegah penyakit stroke

Orang yang sering mengkonsumsi minyak zaitun berpotensi lebih kecil terkena serangan stroke dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi terutama pada orang tua diatas 35 tahun.

Membantu pembentukan mental yang baik

Minyak sayur biasa yang digunakan pada olahan makanan dan kue, terutama jika menggunakan minyak yang tanpa penyaringan terlebih dahulu biasanya memiliki kandungan lemak jahat yang cukup tinggi. Menurut penelitian beberapa sumber kesehatan yang kredibel, sekitar 48% orang yang mengkonsumi minyak sayur yang terdapat kandungan lemak jahat tinggi lebih berpotensi terhadap depresi dibandingkan dengan yang menggunakan minyak zaitun.

Namun demikian, saat ini sudah banyak sekali minyak sayur dengan berbagai penyaringan sehingga kandungan lemak jahatnya lebih kecil, terutama minyak sayur yang beredar di supermarket dan minimarket.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selain mengurangi resiko stroke, minyak zaitun juga merupakan sumber olahan makanan yang dapat memelihara kesehatan jantung dengan baik. Karena selain mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, juga dapat memperlancar pembuluh darah yang masuk pada arteri jantung.

Melindungi kerusakan sel hati

Salah satu penyebab kerusakan hati adalah adanya reaksi dari berbagai molekul tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Namun kerusakan hati ini biasanya terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama. Menurut beberapa literatur penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi minyak zaitun pada olahan makanannya lebih besar untuk terhindar dari resiko kerusakan hati akibat radikal bebas.

Membantu mengurangi kadar kolesterol darah

Kadar kolesterol tinggi dalam darah merupakan hal yang berbahaya dan sangat berpotensi memicu terjadinya penyakit jantung, stroke bahkan kematian. Didalam minyak zaitun terdapat kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit2 berbahaya dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Mencegah kanker

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, jika dibandingkan dengan minyak lainnnya, minyak zaitun paling aman dan sehat untuk mencegah penyakit kanker. Minyak zaitun adalah salah satu metode pola hidup sehat yang direkomendasikan karena mengandung zat yang membantu mematikan sel kanker dan mencegah sel kanker tumbuh.

Membuat olahan masakan menjadi lebih lezat dan berwarna

Paradigma makanan olahan yang sehat rasanya tidak enak itu mungkin harus ditinggalkan secara pelan-pelan. Saat ini banyak jenis dan resep masakan dari chef-chef terkenal dengan olahan minyak zaitun yang tentu saja rasanya sudah tidak diragukan lagi, pasti enak.

Minyak zaitun pada olahan masakan dapat digunakan sebagai pengganti mentega, atau pengganti minyak sayur dengan bumbu-bumbu pendamping seperti hal-nya memasak biasa. Termasuk dengan makanan yang berbau goreng-gorengan atau tumis-tumisan. Penggunaan minyak zaitun akan sangat cocok.