Manfaat Omega 3 dan Efek Samping Omega 3 yang Perlu Diketahui

Manfaat omega 3 memiliki peranan penting bagi kesehatan, terutama dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan otak. Omega 3 hanya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Namun disamping banyak manfaatnya, omega 3 juga ternyata memiliki efek samping yang cukup mengejutkan.

Banyak para ahli kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung omega 3. Karena selain dapat membantu mengurangi berbagai resiko penyakit, omega 3 dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

Manfaat Omega 3

Banyak suplemen-suplemen vitamin yang bededar dipasaran yang mengklaim memiliki kandungan omega 3. Biasanya suplemen asli khusus omega 3 memiliki harga yang agak mahal dibandingkan dengan suplemen universal.

Namun dibandingkan dengan suplemen omega 3, mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 akan lebih baik. Diantaranya adalah minyak ikan, kacang-kacangan atau biji-bijian. Biasanya kandungan omega 3 yang tinggi ada pada ikan-ikan laut terentu.

Adapun beberapa manfaat dari omega 3 adalah sebagai berikut.

Manfaat Omega 3 untuk Mencegah resiko stroke

Mengkonsumsi rutin makanan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi resiko stroke, terutama sumber omega 3 yang bersumber dari minyak ikan. Namun beberapa literatur mengatakan bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi omega 3 malah akan berefek sebaliknya, yaitu meningkatkan resiko pendarahan (stroke hemoragik).

Menjaga kesehatan mata

Omega 3 yang berasal dari minyak ikan memiliki manfaat untuk mengurangi resiko penyakit mata yang disebut dengan degenerasi makula, yaitu sebuah penyakit yang menyerang daerah retina bagian belakang. Efek dari penyakit ini adalah mata tidak bisa memandang lurus ke depan dengan fokus sehingga ketika mata lurus kedepan menjadi buram pada jarak tertentu. Hal ini banyak disebabkan karena faktor usia.

Mencegah depresi

Terdapat sebuah penelitian menyebutkan bahwa omega 3 dapat meningkatkan mood dan menenangkan seperti antidepresan, sehingga omega 3 dapat mencegah depresi terutama pada wanita. Namun secara medis hal kini memerlukan penelitian yang lebih lanjut karena belum ada sumber atau literature kesehatan yang secara spesifik menyebutkan bahwa omega 3 dapat mencegah depresi.

Membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah

Omega 3 ternyata dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Hal ini berefek pada menurunnya kadar gula dalam darah. Dengan demikian omega 3 secara umum aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun untuk lebih amannya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Manfaat omega 3 untuk mencegah peradangan

Salah satu manfaat omega 3 untuk mencegah peradangan adalah jenis peradangan yang sifatnya dapat menyerang sendi-sendi kaki dan tangan. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan, melemahnya jaringan sendi, dan lain-lain.

Manfaat omega 3 pada minyak ikan ternyata dapat berdampak positif terhadap penderita lemah sendi atau artritis. Selain dapat membantu mengobati, omega 3 juga akan mencegah timbulnya resiko menyakit persendian terutama pada sendi kaki dan tangan.

Membantu menjaga kesehatan otak

Seiring berjalannya usia, daya ingat pada otak akan menurun. Namun tidak sedikit pula kalangan remaja bahkan anak-anak mengalami gangguan daya ingat dan konsentrasi. Banyak peneliti kesehatan menyebutkan manfaat omega 3 dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Mengingat manfaat omega 3 bagus untuk menjaga kesehatan otak, sekarang ini banyak suplemen anak-anak yang mengandung omega 3. Namun sebagian peneliti kesehatan ternyata memberikan pernyataan bahwa omega 3 kurang memiliki efektifitas yang baik terhadap ingatan orang yang sudah lanjut usia.

Efek samping Omega 3

Berbagai manfaat dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi omega 3, terutama dari minyak ikan. Namun ternyata penelitian medis menyebutkan bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi omega 3 dapat meningkankan resiko-resiko penyakit berbahaya. Berikut ini adalah beberapa efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi omega 3.

Meingkatkan resiko kanker usus

Sebenarnya mengkonsumsi omega 3 tidak akan ada masalah pada usus. Namun bagi Anda yang memiliki atau pernah memiliki gangguan metabolisme pada usus, sebaiknya hindari mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan. Karena terlalu banyak mengkonsumsi omega 3 pada saat terjadi gangguan metabolisme pada usus justru akan meningkatkan resiko kanker usus besar.

Membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin

Sebetulnya tidak ada larangan untuk mengkonsumsi minyak ikan yang kaya akan omega 3. Namun demikian didalam omega 3 sendiri terutama pada minyak ikan mengandung merkuri yang justru akan membahayakan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu mengkonsumsi omega 3 harus dibatasi. Untuk lebih tepatnya sebaiknya berkonsultasi daulu dengan dokter.

Meningkatkan resiko pecahnya pembuluh darah di otak

Terlalu banyak mengkonsumsi omega 3 dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan resiko pecahnya pembuluh darah pada otak. Pecahnya pembuluh darah pada otak disebut juga dengan stroke hemoragik. stroke jenis ini akan menyumbat pembuluh darah pada otak secara perlahan akibat penumpukan. Disisi lain omega 3 sangat bagus untuk menjaga kesehatan otak. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak justru akan menjadi bumerang pada resiko pecahnya pembuluh darah pada otak.

Demikian penjelasan mengenai manfaat omega 3 dan efek samping omega 3 yang perlu diketahui. Banyak sekali informasi mengenai anjuran mengkonsumsi banyak omega 3 untuk menjaga kesehatan. Namun sebenanya hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Bagaimanapun mengkonsumsi omega 3 harus dibatasi dan dikombinasikan dengan makanan lain yang memiliki gizi seimbang untuk tetap menjalankan pola hidup sehat.