Manfaat Pare untuk Darah Tinggi dan Kesehatan Tubuh Anda

Meskipun punya rasa yang pahit, pare punya segudang khasiat yang membuat tanaman buah dan sayur rambat satu ini sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah manfaat pare untuk darah tinggi, sehingga membuat tanaman ini sering dianjurkan kepada para pasien penderita penyakit tersebut lewat perubahan gaya hidup dan pola makan.

Selain itu, tanaman berwarna hijau yang kulitnya penuh dengan tonjolan ini pun punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit dan wajah.

Sebab, berbagai kandungan nutrisi, termasuk ragam vitamin dan mineral, yang terdapat di dalamnya akan sangat menunjang pola hidup sehat Anda. Misalnya, ada vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Jadi, meskipun banyak yang mengindari pare karena rasanya yang pahit, sebenarnya sumber makanan yang satu ini menyimpan berjuta manfaat yang jauh melampaui rasa pahit yang dimiliki.

Lantas, bagaimana manfaat pare untuk darah tinggi bekerja? Berikut ini penjelasan ringkasnya. Selamat membaca!

manfaat buah pare untuk darah tinggi

Menormalkan Kadar Potasium dan Menjaga Keseimbangan Natrium

Kandungan mineral yang terdapat di dalam pare menjadi salah satu alasan mengapa tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi alias hipertensi. Apalagi, penyakit tersebut dapat dipicu oleh adanya ketidaknormalan kandungan mineral.

Di dalam pare, terdapat kandungan kalium (potasium) dan kasium yang memberikan manfaat buah pare untuk darah tinggi. Dengan demikian, asupan kalium yang diterima oleh tubuh dapat terjaga jumlahnya dengan konsumsi pare; jumlah kalium yang diterima tubuh idealnya sebesar 2 sampai 4 gram dalam sehari. Dan dengan tercukupinya kebutuhan kalium atau potasium, maka tekanan diastolik dapat diturunkan sampai 2,5 mmHG, dan tekanan sistolik diturunkan sampai 4,4 mmHG.

Menjaga Kadar Kalsium Tetap Normal

Peran kalsium, selain untuk merawat tulang, pun berkaitan dengan pembuluh darah. Jika tubuh menerima kalsium dalam jumlah yang cukup setiap hari, maka risiko pelebaran pembuluh darah yang dapat memicu gejala hipertensi pun dapat dicegah. Sebab, kalsium bekerja sebagai mediator ketika pembuluh darah mengalami kontraksi maupun relaksasi, sehingga tekanan darah pun dapat dikurangi.

Memberikan Asupan Mineral Zinc untuk Tubuh

Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam pare adalah mineral zinc, yang punya peran besar dalam mengatur tekanan darah seseorang. Jika kebutuhan zinc harian tidak tercukupi, maka resiko penyempitan pembuluh darah yang memicu tekanan darah tinggi pun meningkat.

Memberikan Asupan Vitamin B3

Vitamin B3 adalah salah satu jenis vitamin yang paling dibutuhkan oleh pasien penderita darah tinggi. Dan pare adalah salah satu jenis sumber makanan yang mengandung nutrisi ini. Vitamin B atau yang juga disebut dengan nama niasin bekerja untuk mengatur pelebaran atau penyempitan pembuluh darah.

Jika kebutuhan vitamin B3 tercukupi, maka risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah pun dapat berkurang, sehingga potensi penyakit tekanan darah tinggi juga dapat dicegah.

Memberikan Asupan Vitamin C

Jenis vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh pasien penderita hipertensi adalah vitamin C, terutama karena manfaatnya untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Di dalam buah pare, terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi. Sebab, vitamin C akan bantu menenangkan pembuluh darah sehingga kadar oksida nitrat yang bekerja untuk melebarkan pembuluh darah pun meningkat.

Memberikan Asupan Vitamin E

Salah satu manfaat vitamin E adalah mencegah risiko penyakit jantung dan mengerasnya pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan meningkatnya risiko tekanan darah tinggi. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin E seseorang, maka tubuh pun akan menambah jumlah produksi oksida nitrat. Selain itu vitamin E pun sudah lama dikenal akan manfaatnya bagi kulit dan wajah, sehingga konsumsi pare pun akan memberikan kebaikan untuk kesehatan kulit Anda juga.

Manfaat Pare untuk Kulit dan Wajah

Nah, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada manfaat daun pare untuk kulit yang dapat Anda rasakan. Berikut ini ulasan ringkasnya.

Manfaat Pare untuk Menangkal radikal bebas.

Radikal bebas saat ini semakin banyak terdapat di lingkungan hidup sehari-hari lantaran kadar polusi yang semakin meningkat. Di dalam pare, terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah besar yang mampu memperkuat tubuh dan sistem daya tahannya, sehingga radikal bebas serta dampak negatifnya dapat ditangkis. Beberapa resiko dari radikal bebas adalah kerusakan sel dan kanker kulit.

Meningkatkan produktivitas kolagen.

Selain memperkuat tubuh, vitamin C yang berlimpah di dalam pare membantu menjaga peredaran dan kesehatan pembuluh darah. Dengan begitu, produksi kolagen pun dapat terjaga dengan pembuluh darah yang lebih sehat. Dan seperti yang barangkali sudah Anda ketahui, kolagen merupakan unsur nutrisi yang berperan penting dalam menjaga sel kulit tetap remaja sehingga tanda-tanda penuaan dapat dicegah lebih dini.

Manfaat Pare untuk Kulit lebih sehat dan cantik.

Beragam vitamin di dalam pare adalah alasan mengapa ada banyak manfaat buah pare untuk wajah maupun kulit secara keseluruhan. Bahkan jika Anda sedang mengobati kulit dari penyakit seperti psoriasis dan eczema, pare dapat membantu mengoptimalkan proses pemulihannya. Selain itu, pare dapat membantu tubuh membuang toksin dari dalam darah dengan lebih efektif, sehingga masalah kulit seperti jerawat pun dapat dicegah dan diatasi.

Mengatasi masalah kulit karena terpaan sinar UV.

Anda dapat memanfaatkan jus pare segar atau air rebusan pare untuk mendinginkan kulit yang menjadi sensitif dan teriritasi oleh sengatan dan terpaan sinar UV (ultraviolet).

Manfaat Pare untuk Ibu Menyusui

Manfaat lainnya dari pare adalah untuk membantu memperlancar ASI. Jadi, Anda yang baru saja menjadi ibu dan ingin memastikan bahwa buah hati Anda mendapatkan segala kebaikan dari ASI, jangan sampai Anda melewatkan manfaat jus pare untuk ibu menyusui!

Di dalam pare, terdapat juga kandungan vitamin K, fitokimia, likopen, dan zat-zat antioksidan yang dapat membantu memperlancar produksi ASI. Dengan begitu, pasokan ASI bagi si kecil pun dijamin selalu terjaga dan Anda bisa memberikan hanya gizi terbaik bagi buah hati. Apalagi, ASI yang keluar pun jadi kental, sehingga bayi Anda akan jadi cepat kenyang.

Anda dapat mengkonsumsi pare jadi jus dengan mencampur pare mentah dan air, lalu diblender. Konsumsi jus pare sekali sehari saja, baik itu di pagi maupun malam hari. Anda juga bisa memberikan tambahan buah melon di dalam campuran jus pare tersebut. Cara lainnya adalah dengan mengolah pare menjadi sayuran. Tapi, pastikan buah pare yang Anda masak tidak terlalu matang.

Selain memperlancar produksi ASI, konsumsi pare pun mampu menjaga ibu hamil terhindar dari risiko peningkatan kadar gula darah maupun penyakit kanker.

Manfaat Pare untuk Menurunkan Berat Badan

Anda pun dapat mengkonsumsi pare untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Dan karena program diet terbaik yang perlu Anda lakukan adalah diet sehat, maka khasiat jus pare untuk diet jelas jangan sampai Anda lewatkan! Apalagi, Anda sekarang sudah tahu kalau sumber makanan yang satu ini begitu kaya akan nutrisi sehat yang bermanfaat bagi tubuh.

Untuk membuat jus pare, cukup campur buah pare yang sudah dicuci bersih dan dibuang isinya dengan kunyit bubuk, madu, dan air hangat. Saring jus pare dan minum airnya. Pare akan membantu menyingkirkan kelebihan lemak di dalam tubuh, sementara madu dan kunyit akan bantu tingkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Jadi, berat badan Anda bukan hanya akan berkurang, tapi tubuh Anda pun akan jadi lebih sehat.