Manfaat Suntik Vitamin C dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

manfaat suntik vitamin c

Suntik vitamin C mulai dikenal luas di masyarakat sejak banyak para artis yang menyatakan telah suntik vitamin C untuk membuat kulit mereka menjadi terlihat menjadi lebih putih. Namun apakah benar demikian? apakah ada efek samping yang membahayakan?

Vitamin C sendiri memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun untuk suntik vitamin C untuk membuat kulit menjadi terlihat menjadi lebih putih sampai saat ini belum ada penelitian atau setidaknya dokter ahli yang menyatakan bahwa suntik vitamin C baik untuk kesehatan kulit, dan lain sebagainya sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Sekilas tentang tujuan suntik Vitamin C

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk kesehatan. Karena didalam vitamin C terdapat asam askorbat yang merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun pada suntik vitamin C tidaklah demikian.

Suntik vitamin C adalah proses pemberian vitamin C atau asam askorbat pada tubuh dengan metode tertentu. Metode yang umum digunakan untuk suntik vitamin C adalah melalui bagian jaringan kulit, melalui pembuluh darah vena, atau melalui otot.

Suntik vitamin C yang dianjurkan oleh dokter kecantikan rata-rata tidak lebih dari 300 mg. Penyuntikan vitamin C pada tubuh tidak boleh sembarangan, harus berkonsultasi dahulu dengan dokter ahli untuk memastikan kondisi tubuh Anda siap atau tidak untuk disuntik vitamin C, tujuannnya adalah untuk meminimalisir efek samping suntik vitamin C yang akan dijelaskan kemudian.

Sebagian dokter ada yang menyatakan bahwa suntik vitamin C tidak membawa banyak manfaat bagi tubuh, sehingga diperlukan penelitian lebih jauh akan hal ini. Namun ada sebagian dokter lagi yang menyatakan bahwa suntuk vitamin C memiliki beberapa manfaat yang diantaranya sebagai berikut:

1. Menghambat Resiko Kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang banyak menimbulkan kematian akibat sel kanker. Suntik vitamin C dengan dosis tinggi dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh antara lain tumor otak, tumor ovarium, dan pankreas. Namun suntik vitamin C hanya berfungsi untuk mencegah, bukan mengobati sel kanker.

Baca juga:

Bolehkah Mengkonsumsi Suplemen Vitamin C secara Terus-menerus?

Harus tahu: Apakah Suplemen Menyebabkan Ketergantungan?

Namun manfaat suntik vitamin C terhadap pertumbuhan sel kanker masih terdapat kontroversi, yang mana ketika suntik vitamin C ini dapat mencegah sel kanker, justru ketika disuntikan pada orang yang sudah terkena sel kanker, malah akan menghambat pengobatan penyakit kanker itu sendiri karena antioksidan tinggi dapat mengakibatkan penurunan efek dari kemoterapi sel kanker.

2. Membantu Merawat tulang dan Otot

Jaringan otot dan tulang sangat penting bagu tubuh. Untuk menjaga kesehatan tulang dan otot diperlukan beberapa nutrisi salah satunya adalah kolagen. Kolagen berfungsi sebagai protein yang ada di dalam tubuh untuk membentuk jaringan dan struktur tubuh seperti pada otot, darah, dan tulang. Ketika seseorang mengalami kekurangan vitamin C, selain daya tahan tubuh akan berkurang juga akan berdampak pada kelainan tulang dan pembuluh darah.

3. Membantu Merawat Kulit

Biasanya tujuan utama yang sering dilakukan orang dalam suntik vitamin C adalah untuk perawatan kulit, terutama bagi kaum hawa. Mengkonsumsi vitamin C dari makanan sehari-hari atau suplemen terbukti dapat membantu merawat jaringan kulit yang berefek pada pencegahan kilit kering dan penuaan dini. Selain itu vitamin C juga akan melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Sebagian ahli mengatakan bahwa suntuk vitamin C dapat membantu merawat kecantikan kulit dengan lebih cepat. Namun ahli kesehatan lainnya mengatakan bahwan hal tersebut belum terbukti secara medis dan diperlukan penelitian lebih jauh lagi akan hal ini. Bahkan suntuk vitamin C ini menimbulkan efek samping yang berat jika dilakukan secara rutin dan berlebihan.

Bahaya dan Efek samping Suntik Vitamin C

Banyak orang yang ingin tampil cantik secara instan, salah satunya adalah dengan melakukan suntik vitamin C. Perlu diketahui bahwa suntik vitamin C ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan memerlukan dokter ahli yang berpengalaman di bidangnya. Jika salah penanganan maka yang terjadi adalah mal praktek dan akan berefek pada pasien itu sendiri. Selain itu harga yang harus dibayar untuk sekali suntuk vitamin C tidaklah murah.

Jika Berniat untuk melakukan sunti vitamin C, lakukanlah di klinik yang sudah berizin dan bersertifikat di bidangnya, atau melalui dokter spesialis kulit di rumah sakit. Sehingga sebelum melakukan suntik vitamin C ini dokter akan memeriksa kondisi tubuh Anda terlebih dahulu apakah memang benar-benar memerlukan suntik vitamin C.

Suntik vitamin C yang berlebihan akan meningkatkan resiko gangguan pada ginjal, dan suntik vitamin C tidak boleh dilakukan pada orang yang memiliki gangguan metabolisme tubuh termasuk gangguan ginjal.

Bagi ibu hamil, suntik vitamin C sebaiknya dihindari untuk menghindari resiko pada janin. Namun terkadang ada juga ibu hamil yang melakukan suntik vitamin C karena alasan-alasan tertentu, tentunya dengan izin dokter ahli yang sudah berpengalaman.