Mewaspadai Penyebab Penyakit Jantung

Sebagai organ vital tubuh, kesehatan jantung harus diperhatikan secara seksama. Kelainan pada jantung bisa menimbulkan gangguan kesehatan bahkan dapat menyebabkan yang namanya kematian. Kelainan pada jantung umumnya berkaitan dengan dua hal yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.

Penyakit jantung merupakan suatu kondisi atau keadaan dimana jantung tidak dapat menjalankan fungsinya memompa darah dengan normal. Penyakit ini tidak hanya menimpa orang berusia dewasa saja, anak-anak hingga bayi pun bisa terkena penyakit jantung. Penyebab penyakit jantung pun beragam.

Penyakit jantung bisa terjadi karena bagian organ jantung tidak sempurna dan tidak dapat bekerja normal umpamanya jantung hanya memiliki satu serambi kiri atau kanan. Jantung normalnya memiliki dua struktur serambi yaitu serambi kiri dan kanan. Kedua serambi ini bekerja untuk memompa darah dalam tubuh.penyebab penyakit jantung

Penyakit jantung bisa juga antara serambi kiri dan serambi kanan terdapat celah atau lubang kecil yang menyebabkan darah tidak terpompa dengan sempurna bahkan terjadi percampuran antara darah bersih dan darah kotor. Lemahnya otot jantung juga berpengaruh pada munculnya penyakit jantung.

Sementara serangan jantung adalah suatu kondisi dimana organ jantung tidak berfungsi total. Serangan jantung dikenal pula dengan sebutan gagal jantung. Kelainan jantung ini beresiko besar pada kematian. Penyebabnya pun beragam mulai aliran darah terganggu, kolesterol hingga penyalahgunaan obat.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung seperti diulas sebelumnya bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Pada anak-anak penyakit jantung bisa terjadi karena bawaan sejak lahir seperti organ jantungnya tidak lengkap atau organ jantungnya lemah.mewaspadai penyebab penyakit jantung

Sementara pada orang dewasa, penyakit jantung bisa muncul karena berbagai hal misalya gaya hidup tidak sehat, resiko penyakit dan lain-lain. Penyebab penyakit jantung tersebut harus diwaspadai. Pengenalan dini dan diagnosa penyebabnya mutlak dibutuhkan agar bisa dicegah dan ditangani segera.

Kita bisa memeriksa diri ke dokter untuk mengetahui kesehatan jantung kita. Namun kita bisa juga mengetahui informasi kesehatan jantung, kelainan jantung, dan penyebabnya melalui artikel-artikel kesehatan. Ada tiga kategori penyebab penyakit jantung yaitu keturunan (genetika), usia dan jenis kelamin, dan gaya hidup.

1. Keturunan (Genetika)

Anggota keluarga yang pernah mengalamai gangguan dan kelainan jantung bisa menurunkan resiko penyakit jantung pada anggota keluarga. Entah itu dari pihak ayah maupun ibu. Jika salah satu orang tua mengalami kelainan jantung, resiko menurunnya kelainan ini pada anak juga memungkinkan terjadi.

2. Usia dan Jenis Kelamin

Usia lanjut memang memiliki resiko pada munculnya penyakit jantung baik pada pria maupun wanita. Hanya saja resiko pada wanita justru lebih besar ketimbang pria. Pada wanita lanjut usia penyakit jantung bisa muncul karena hormone wanita mengalami penurunan (hormon estrogen).

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Orang dengan kebiasaan merokok, penderita diabetes, penderita hipertensi, penderita obesitas, dan orang yang memiliki resiko tekanan pikiran (stress) memang rawan terhadap penyakit jantung. Hal tersebut merupakan akibat dari pola dan gaya hidup tidak sehat.

Diabetes, hipertensi, dan obesitas berawal dari kebiasaan makan yang tak terkendali. Stress akibat rutinitas dan tekanan kerja serta himpitan hidup. Kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga juga berpengaruh pada resiko munculnya penyakit jantung. Belum lagi orang yang menghirup asap rokok dan terpapar polusi dan debu dalam jumlah banyak juga rawan terhadap penyakit jantung.

Nah itulah berbagai penyebab penyakit jantung yang perlu diwaspadai. Mulai saat ini terapkan pola dan gaya hidup sehat. Cintai hidup dan cintai jantung Anda.