Mitos Seputar Diet yang Justru akan Memberikan Efek Sebaliknya

Diet yang sehat merukapan suatu kebutuhan saat ini untuk menuju pola hidup sehat. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa diet merupakan hal yang lumrah untuk menunjang penampilan yang lebih ideal, terutama bagi kaum hawa.

Diet merupakan suatu hal yang menyehatkan jika dilakukan dengan benar. Sayangnya banyak orang yang ternyata malah terjebak dengan mitos-mitos seputar diet yang justru memberikan efek sebaliknya, yaitu berat badan semakin bertambah.

Sebenarnya banyak formula-formula yang diberikan oleh para ahli tentang metoda diet yang baik dan sehat. Namun ada sebagian orang yang menjalani diet tersebut kadang bisa saja menyalahartikan tentang cara diet tersebut.

Berikut adalah beberapa mitos seputar diet yang justru akan memberikan efek yang sebaliknya.

Ketika sedang diet hindari makanan berlemak

Banyak orang berpendapat bahwa ketika sedang diet harus menghindari sama sekali makanan yang berlemak. Namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Lemak sangat berguna untuk tubuh terutama lemak baik seperti pada ikan yang kandungan omega 3 tinggi. Akan tetapi makan yang berlemak juga harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan.

Selain itu ketikan mengkonsumsi makana rendah lemak, belum tentu makanan tersebut lebih sehat dari makanan dengan kandungan lemak “normal”. Hal ini tentu harus dilihat dulu kadar nutrisi yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi pada saat diet.

Meminum banyak air putih untuk mempercepat diet

Pernahkan Anda mendengar diet dengan air putih? diet ini cukup terkenal di luar negeri. Namun jangan salah, diet dengan air putih ini belum ada ahli kesehatan yang menyarankan dan bukti ilmiahnya bahwa diet air putih ini akan menyehatkan. Malah justru memberikan efek sebalinya, bahkan akan membuat seseorang yang menjalani diet air putih ini menjadi seperti menjadi kekurangan gizi dan bersiko terkenal penyakit karena daya tahan tubuh yang melemah.

Banyak minum air putih memang menyehatkan, selain mencegah dehidrasi juga akan membuat cairan tubuh tetap terjaga. Meminum banyak air putih pada saat diet juga sangat bagus dalam membantu menurunkan berat badan, asalkan digabungkan dengan pola hidup sehat dari program diet secara menyeluruh, termasuk disertai dengan olahraga yang teratur. Jadi bukan hanya minum air putih saja, selebihnya tidak makan sepanjang hari. Hal ini adalah cara yang salah.

Menahan lapar lebih lama agar berat badan turun

Hindari sarapan dan makan malam

Hal ini adalah salah satu program diet yang salah. Karena bagaimanapun kondisi tubuh Anda baik gemuk maupun kurus, sarapan adalah salah satu hal yang sangat penting. Menurut beberapa penenilian menyebutkan bahwa orang yang tidak sarapan memiliki resiko berfikir yang lebih lambat dibandingkan dengan orang yang sarapan. Juga orang yang tidak sarapan akan lebih cepat ngantuk pada saat beraktivitas dibandingkan dengan orang yang rutin sarapan setiap hari.

Selain itu, tidak melakukan sarapan juga membuat Anda akan lebih mengkonsumsi camilan-camilan yang mana kadar nutrisi yang terdapat pada camilan tersebut belum tentu sehat untuk menunjang Anda yang sedang menjalani diet.

Demikian juga dengan makan malam. Makan malam cukup penting untuk memberikan gizi pada tubuh Anda. Namun demikian ada beberapa catatan ketika makan malam khusus yang sedang diet, saat makan malam hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak kalori dan batasi porsi makannya.

Hindari makanan karbohidrat

Banyak yang beranggapan bahwa ketika sedang diet harus dihindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh. Namun bagi orang yang sedang menjalani diet, porsi makanan karbohidrat yang berlebihan memang harus dihindari. Lebih baik mengkonsumsi gandum utuh atau kentang sebagai pengganti nasi.

Demikian informasi mengenai seputar mitos yang salah ketika menjalankan diet sehat. Sering-seringlah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan disertai dengan olahraga yang teratur, Hal ini lebih baik dibandingkan dengan program diet yang aneh-aneh. Karena pada dasarnya tidak ada diet yang instan berat badan langsung turun secara alami.