Mudah dan Bebas Repot, Ini Dia Cara Hidup Sehat Sederhana untuk Diterapkan Sekarang Juga!

Siapa yang tak ingin hidup sehat? Sayangnya, ketika diminta menjalani pola hidup sehat, ada saja alasan untuk tidak melakukannya. Salah satunya adalah anggapan bahwa pola hidup sehat itu susah dan merepotkan.

Padahal, ada banyak cara hidup sehat sederhana yang mudah dan bisa dilakukan sejak saat ini juga. Berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat Anda terapkan untuk fisik dan kualitas hidup yang makin baik. Selamat membaca!

Hindari Tidur Terlalu Larut dan Istirahat Cukup

Cara hidup sehat sederhana yang satu ini begitu mudah, tapi sayangnya masih banyak yang menganggapnya sulit untuk dilakukan. Padahal, tidur sebelum malam terlalu larut akan memberikan waktu lebih lama untuk beristirahat. Idealnya, masing-masing individu tidur sekitar 6-7 jam saja per hari.

Selain itu, tidur bukan hanya untuk mengistirahatkan tubuh, lho. Karena jika tubuh kurang tidur, maka risiko terserang penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker jadi lebih besar. Kurang tidur pun sama dengan mengkonsumsi racun atau menerapkan pola makan buruk. Sementara itu, kebanyakan tidur dapat menurunkan konsentrasi.

Dengan tidur yang cukup, maka tubuh lebih bugar dan berat badan proporsional lebih mudah untuk tercapai. Kebiasaan ini pun membantu meningkatkan daya ingat, menghindari stres, dan merangsang kreativitas.

Konsumsi Probiotik untuk Usus dan Pencernaan Sehat

Usus sering jadi bagian dan organ tubuh yang kurang mendapat perhatian, padahal perannya dalam menjaga kesehatan seseorang sangat besar. Sebab, usus adalah tempat hidup berbagai bakteri, baik itu bakteri baik maupun jahat.

Jika jumlah bakteri jahat terlalu banyak, maka kondisi tubuh pun akan menurun. Padahal, saluran pencernaan juga merupakan bagian dari sistem daya tahan tubuh seseorang. Jadi, banyak penyakit yang bermula dari usus yang tidak sehat.

Untuk menjaga usus tetap sehat, ubah pola makan jadi lebih sehat. Dan jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan atau minuman mengandung probiotik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri di dalam usus, misalnya yoghurt, teh kombucha, fromage frais, dan susu rendah lemak.

Selain usus yang lebih sehat, makanan kaya probiotik juga akan dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, sehingga racun pun dapat dikeluarkan dari tubuh dengan lebih mudah dan teratur.

Teratur Gosok Gigi dan Minum Banyak Air Putih

Kesehatan mulut pun sayangnya juga sering diabaikan, dan baru diperhatikan ketika timbul gejala seperti sakit gigi atau bau napas tak sedap. Padahal, kesehatan mulut berkaitan sangat erat dengan kondisi tubuh.

Bahkan, kondisi mulut yang tidak higienis dapat jadi pemicu penyakit seperti stroke dan kanker. Hal ini dikarenakan mulut yang bisa jadi tempat ideal untuk perkembangan bakteri karena kondisinya yang lembab. Selain itu, mulut terhubung langsung dengan usus.

Untuk menjaga kesehatan mulut, rajin gosok gigi setiap hari dan minum air putih dalam jumlah banyak. Hal ini akan menjaga kebersihan mulut, salah satunya dengan memancing produksi air liur. Apalagi minum air putih dalam jumlah cukup juga dapat menjaga tubuh terhindar dari risiko dehidrasi.