Obat alami penurun kolesterol yang ampuh untuk dicoba

Ada berbagai jenis kolesterol, namun terdapat dua jenis kolesterol yang kita kenal yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Nah yang berbahaya bagi tubuh adalah kolesterol jahat. Nama Kolesterol jahat ini diantaranya adalah Low Density Lipoprotein (LDL) dan Triglycerida. Sedangkan jenis kolesterol baik disebut dengan High Density Lipoprotein (HDL).

Nah, perlu diketahui bahwa kolesterol jahat ini banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit yang mematikan seperti jantung koroner, stroke, hipertensi dan berbagai penyakit mematikan lainnya. Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai obat apa yang alami yang dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh? yuk kita simak penjelasan berikut ini.

Mungkin bagi Anda yang saat ini mengalami penyakit kolesterol, sudah banyak mengkonsumsi obat-obatan dari dokter. Atau mungkin saat ini anda juga sudah mencoba berbagai obat herbal atau obat alami lainnya. Namun apakah yang Anda rasakan setelah rutin mengkonsumsi obat tersebut? apakah ada perubahan yang signifikan? Pasti diantara Anda ada yang menjawab ada perubahan namun tidak signifikan, atau malah ada yang tidak merasakan perubahan sama sekali.

Nah, yang perlu menjadi perhatian adalah semakin tua umur seseorang, biasanya pola makan juga akan ikut berubah, apakah itu menjadi pola makan yang sehat atau bahkan sebaliknya. Termasuk olahraga. Biasanya orang muda akan lebih banyak berolahraga ketimbang umur yang sudah semakin tua.

Bersyukurlah Anda saat ini yang memiliki umur diatas 40 tahun namun tetap menjalankan olah raga minimal seminggu 2 kali, atau bahkan setiap hari karena hal itu merupakan salah satu pola hidup sehat yang menjadi salah satu faktor terhindarnya dari berbagai penyakit.

Kurang Berolahraga bersiko memiliki tingkat kolesterol jahat lebih tinggi

Inilah salah satu penyebab banyaknya penderita kolesterol di usia yang semakin menua. Biasanya seseorang dengan umur dibawah 35 tahun masih produktif dengan berbagai kesibukan fisik dan masih suka berolahraga.

Meskipun di usia muda banyak juga orang yang tidak melakukan olahraga secara rutin, apakah itu karena kesibukan pekerjaan ataupun memang tidak suka berolahraga. Namun pada intinya olahraga menjadi hal yang sangat penting demi menjaga kesehatan Anda.

Ditambah lagi dengan berbagai kecanggihan teknologi yang membuat kita semakin dimanjakan dengan berbagai aplikasi yang membuat kita menjadi sedikit bergerak secara fisik, seperti misalnya pesan makanan secara online yang kita tinggal duduk santai dan makanan datang dengan sendirinya. Hal tersebut juga dapat menjadi salah satu faktor Anda menjadi malas untuk berolahraga.

Lalu apa saja yang menjadi obat alami untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh?

Ubah gaya hidup Anda

Anda yang memiliki rutinitas yang tidak banyak mengeluakan gerak fisik, mulai saat ini lakukanlah olahraga secara rutin, lebih baik minimal 3 kali dalam seminggu, atau lebih idealnya adalah setiap hari. Baik itu olahraga jogging, atau dengan peralatan olahraga yang murah dan efektif seperti alah-push up dan lain-lain yang dapat membakar lemak di dalam tubuh.

Ubah pola makan Anda

Mengubah pola makan Anda saat ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh secara alami. Yakni dengan mengurangi makanan-makanan yang mengandung lemak, terutama banyak yang mengandung lemak jahat. Antara lain lemak daging, lemak gajih (bagian putih dari daging), terutama bagi Anda yang sudah menginjak usia 30 tahun atau 40 tahun keatas harus membiasakan mengurangi makanan tersebut.

Untuk mengganti makanan-makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak jenuh, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik tentunya, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang terdapat pada berbagai jenis ikan laut, terutama ikan laut perairan dalam. Harga ikan yang benyak mengandung omega 3 pun relatif terjangkau dan mudah  untuk didapatkan.

Lalu bagaimana dengan Anda yang tidak menyukai ikan? salah satu cara yang efektif adalah dengan mengkonsumsi suplemen omega 3 untuk membantu meningkatkan lemak baik di dalam tubuh. Bagi Anda yang vegetarian dan tidak suka mengkonsumsi ikan juga dapat mengkonsumsi minyak zaitun yang dikenal dengan kandungan lemak baik untuk tubuh.

Perbanyak mengkonsumsi makanan serat

Makanan yang mengandung serat banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Agar gizi Anda tetap seimbang, konsumsilah sayuran yang banyak mengandung serat. Misalnya ketika makan sering menggunakan nasi putih, cobalah untuk menggantinya dengan nasi merah karena di dalam nasi merah terdapat banyak serat dan tentu lebih sehat daripada nasi putih.

Jangan terburu-buru mengkonsumsi obat kimia

Mengkonsumsi obat-obatan kimia dari dokter adalah hal yang wajar untuk mengobati penyakit tertentu, namun cobalah untuk menguabah gaya hidup dan pola makan anda sebelum meminum obat-obatan dari dokter. Tidak jarang orang yang menjadi ketergantungan obat kimia yang diberikan dokter tanpa mengubah pola makan dan gaya hidupnya. Akibatnya beresiko mengalami komplikasi akibat efek samping dari obat-kimia tersebut.

Jika kolesterol Anda sering naik, boleh saya mengkonsumsi obat dari dokter, namun mau tidak mau Anda harus mengubah pola makan dan gaya hidup Anda, jika tidak tentu akan percuma saja.

Mengkonsumsi Obat herbal dapat membantu

Dalam menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi obat herbal yang banyak dijual di apotek atau toko herbal lainnya. Salah satunya adalah minyak ikan. Sebetulnya minyak ikan tidak termasuk dalam kategori herbal, namun termasuk kedalam suplemen. Namun pada minyak ikan biasanya terdapat kandungan lemak baik yang bagus untuk tubuh. Selain itu banyak juga produk-produk herbal lain yang dapat Anda coba dengan catatan usahakan mengkonsumsi produk herbal yang sudah mengantongi izin bpom.