Penyakit yang Disebabkan Jantung tidak Normal

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang harus dicegah oleh setiap orang yang ingin hidup sehat. Pasalnya jantung ini adalah organ utama dari tubuh kita, tanpa jantung tubuh kita tidak akan hidup jadi harus dijaga sebaik mungkin. Lalu apa saja penyakit yang disebabkan oleh gangguan jantung atau jantung tidak normal?

Penyakit jantung disebabkan oleh adanya penurunan fungsi jantung sehingga menyebabkan kerja jantung itu sendiri menjadi tidak normal. Pada umumnya ada beberapa jenis penyakit jantung yang diakibatkan oleh kerja jantung yang tidak normal diantaranya sebagai berikut:

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh endapan lemak dan kolesterol, tepatnya pada pembuluh koroner (bagian otot jantung). Jika darah tidak mengalir pada arteri koroner atau darah tersumbat pada pembuluh tersebut, maka efeknya akan sangat mematikan pada penderita penyakit ini. Untuk itu kita harus terus mengontrol dan menjaga agar kadar kolesterol dan lemak yang ada dalam tubuh jangan sampai mengganggu kinerja jantung.penyakit-dari-jantung-tidak-normal

2. Penyakit Jantung Bocor

Penyakit jantung bocor adalah penyakit yang mana jantung mengalami kelainan pada strukturnya sehingga terdapat lubang pada sekat jantung. Pada umumnya penyakit ini adalah bawaan sejak lahir, yang mana jika pada saat lahir bayi biru, itu salah satu pertandanya karena pada jantung bocor ini darah kotor bersirkulasi pada daerah darah bersih sehingga bercampur.

Jika dibiarkan hal ini sangat berbahaya, karena bila darah kotornya lebih banyak dari darah bersih yang bersirkulasi, maka hal ini akan menyerang jaringan otak, sesak nafas disertai kejang, dan mati mendadak.

3. Penyakit Lemah Jantung

Penyakit lemah jantung merupakan kondisi dimana tingkat pompa jantung tidak cukup kuat mengalirkan darah ke jaringan seluruh tubuh. Hal ini karena bukan otot jantung semakin kecil, malah otot jantung semakin membesar sehingga kemampuan untuk memompa darah ke seluruh tubuh tidak kuat. Biasanya penyakit lemah jantung disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi, tentunya hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan jantung anda.

Sekian beberapa penyakit yang disebabkan oleh gangguan jantung.