Penyebab dan Gejala Jantung Lemah

Kelainan jantung tidak hanya seputar jantung koroner atau penyakit lainnya. Lemah jantung pun juga merupakan bagian dari kelainan pada organ jantung. Jantung yang sehat akan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dan normal. Sementara jantung yang bermasalah berpengaruh besar pada kemampuan fungsi dan kesehatan tubuh. Jantung yang bermasalah biasanya ditandai dengan berbagai ciri dan gejala seperti nyeri di bagian dada atau tubuh terasa lemah.

Organ jantung memiliki otot-otot yang berguna membantu kerja jantung secara normal. Bila otot ini bermasalah maka jantung juga ikut terganggu. Jantung lemah salah satunya. Jantung yang lemah bisa dikategorikan sebagai jantung bermasalah.penyebab-dan-gejala-jantung-lemah

Jantung lemah akan membuat kemampuannya menyuplai aliran darah ke seluruh bagian tubuh akan terhambat. Denyut dan daya pompa jantung akan menurun. Jantung yang lemah berkaitan erat dengan tekanan darah. Tekanan darah tinggi akan membuat fungsi kerja jantung menurun.

Penyebab Jantung Lemah

Jantung lemah adalah suatu kondisi dimana jantung tidak dapat menjalankan fungsinya yakni memompa darah ke bagian-bagian tubuh secara normal. Jantung yang lemah disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena rusaknya fungsi jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi), kekurangan darah (anemia), gangguan pada denyut jantung, atau pun kemampuan pengisian darah ke jantung yang cukup lemah.

Jantung lemah bisa menyerang siapa saja tak pandang usia dan jenis kelamin. Bayi atau anak-anak bisa terkena gangguan pada organ jantungnya yaitu jantung lemah. Kerapkali kita menyaksikan di media elektronik bayi atau anak yang mengidap jantung lemah.

Gejala Jantung Lemah

Jantung lemah tidak hanya menimbulkan gejala yang bisa dilihat dan dirasakan secara langsung. Pada bagian organ jantung pun akan memunculkan masalah. Berikut beberapa gejala jantung lemah yang perlu kita ketahui.

Pembesaran Hati dan Jantung

Gejala jantung lemah yang terjadi pada organ vital tubuh adalah pembesaran pada hati dan jantung itu sendiri. Jantung yang normal ukurannya seperti kepalan tangan dengan berat kurang lebih sekitar 300 gram untuk pria dan sekitar 250 gram untuk wanita. Selain pembesaran pada hati dan jantung, bagian perut juga akan membesar.

Bagian Dada Berdebar

Jantung lemah akan memicu munculnya rasa berdebar di sekitar dada. Denyut dada mulai tidak normal dan berdegup. Nafas pun akan terasa sesak. Fungsi jantung yang menurunlah yang menyebabkan gejala demikian.

Mudah Merasakan Lelah

Orang dengan gangguan lemah jantung mudah sekali merasakan lelah walaupun ia tidak melakukan aktivitas apa pun baik itu aktivitas ringan maupun aktivitas berat. Tubuh terasa lunglai apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh. Sehingga penanganan lemah jantung harus diberikan perhatian khusus.

Kepala Terasa Pusing

Pusing tidak hanya muncul karena tekanan darah tinggi. Jantung lemah juga akan menimbulkan gejala pusing pada kepala. Untuk tidur pun orang yang menderita kelainan jantung ini cukup susah.

Nah, itulah beberapa penyebab dan gejala jantung lemah. Bila gangguan pada jantung ini tak diatasi dengan segera, maka resiko munculnya penyakit jantung maupun serangan jantung juga tak terhindarkan.

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika jantung lemah mulai terasa. Lakukan kontrol darah, cek gula darah, berat tubuh, dan pemeriksaan jantung secara rutin. Oleh karena itu, tekanan darah tinggi harus dihindari dengan menghindari pemicunya seperti pola makan salah, stress, dan lain-lain.

Pemanfaatan obat alami dari tumbuhan, konsumsi makan sehat, dan olahraga teratur harus dibiasakan sejak dini. Terapi kesehatan jantung bisa juga menjadi pilihan mengatasi jantung lemah.