Perbedaan jumlah kalori pada nasi putih dan mie instan

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi mie instan. Pasti kita semua pernah mengkonsumsi mie instant. Bahkan ada sebagian masyarakat terutama anak kos yang memakan mie instant dan dicampur dengan nasi. Apakah hal tersebut bisa berbahaya?

Mie instant memang memiliki rasa yang nikmat dengan berbagai varian rasa dan merk, yang berbeda-beda. Tentu saja hal ini membuatnya semakin sering untuk dikonsumsi. Namun pernahkah Anda mendengar ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengkonsumsi mie instan yang di campur atau berbarengan dengan memakain nasi putih?

Hal ini ternyata terkait kandungan jumlah kalori yang terdapat pada mie instan dan nasi putih. Jumlah kalori yang dapat dikonsumsi oleh tubuh harus dibatasi, karena jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori dapat beresiko terkena penyakit diabetes. Lalu berapa perbedaan jumlah kalori yang terdapat pada mie instant dan nasi putih?perbedaan jumlah kalori mie instan dan nasi putih

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melihat tabel nutrisi pada kemasan mie instant yang akan dikonsumsi. Disitu akan terpapar jelas nilai-nilai nutrisi yang terdapat pada mie instan tersebut termasuk jumlah kalori. Namun biasanya pada mie instant biasa yang memiliki berat kurang lebih sekitar 85 gram, memiliki kandungan kalori antara 370 sampai 380 kalori. Sedangkan nilai kalori pada 100 gram nasi terdapat jumlah kalori hanya sekitar 130 hingga 140 gram. 

Dari penjelasan sederhana tersebut tentu bisa disimpulkan bahwa jumlah kalori pada satu bungkus mie instan jauh lebih besar dibandingkan dengan nasi putih. Bayangkan biasanya ketika mengkonsumsi mie instan, satu bungkus terkadang tidak cukup sehingga sekali makan bisa menghabisakan rata-rata 2 bungkus ditambah dengan sedikit sayur dan tambahan telur. Tentu jumlah kalori yang dikonsumsi akan 2 kali lipat lebih banyak. Berarti ketika Anda mengkonsumsi 2 bungkus mie instan, maka jumlah kalori yang Anda konsumsi setara dengan 7 hingga 8 porsi kecil nasi putih.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda yang sedang menjalani diet tentu mengganti nasi putih dengan mie instan adalah hal yang keliru, karena jumlah kalori pada mie instan lebih besar dari nasi putih, bukannya akan membuat berat badan semakin kurus, justru akan membuat berat badan Anda semakin bertambah. Namun hal ini adalah salah satu faktor dari banyak faktor dalam proses diet sehat, antara lain tingkat stress dan jam istirahat yang cukup.

Batasi jumlah konsumsi mie instan

Mie instan merupakan salah satu makanan yang memiliki jumlah karbohidrat dan lemak yang tinggi. Selain itu kandungan sodium pada mie instan jika terlalu banyak dikonsumsi akan membahayakan terhadap ginjal. Jika memungkinkan, batasi jumlah mie instant yang dikonsumsi maksimal 2 porsi mie instan dalam seminggu. Hal ini tentu akan jauh lebih sehat. Selain itu ketika mengkonsumsi mie instan usahakan ditambahkan beberapa pelengkap gizi seperti telur, daging, san sayur-sayuran.

Selain itu lakukanlah pola hidup sehat dalam mengkonsumsi makanan seimbang yang kaya akan gizi seperti sayuran, daging dan buah-buahan. Karena ketika seseorang terbiasa dengan banyak mengkonsumsi nasi namun tidak dibarengi dengan gizi seimbang seperti sayuran dan lauk-pauk lainnya. Maka tubuh akan menerima banyak sekali jumlah kalori yang tentu tidak akan baik untuk kesehatan.

Tags:, ,