Segudang Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan

Banyak sebagian dari masyarakat tidak mengetahui manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Padahal sebenarnya minyak yang satu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan minyak goreng terbaik sekalipun yang beredar dipasaran.

Minyak zaitun merupakan minyak yang terbuat dari buah zaitun, yang mana tanaman ini hanya bisa tumbuh di daerah timur tengah. Minyak ini bisa dikatakan minyak yang istimewa karena ternyata memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk menyedapkan berbagai masakan dan pengganti minyak goreng pada umumnya, melainkan banyak juga dimanfaatkan untuk berbagai produk kesehatan dan kecantikan.

Proses pembuatan minyak zaitun agak berbeda dengan minyak goreng pada umumnya, yakni dari buah zaitun yang diproses menjadi pasta. Dari pasta buah zaitun tersebut diproses lagi dengan proses teknologi tinggi sehinga menghasilkan suatu konsentrat minyak utuh yang terpisah dari pastanya.

Ada beberapa jenis minyak zaitun, antara lain exrta virgin olive oil, minyak zaitun fino, minyak zaitun virgin, dan lain sebagainya. Semua jenis minyak zaitun memiliki rasa dan kandungan yang relatif sama dengan jenis lainnya. yang membedakannya hanyalah proses pengolahannya saja.

Ditinjau dari segi medis ilmiah, banyak sekali literatur penelitian baik dari dalam maupun luar negeri mengenai manfaat minyak zaitun ini. Mulai dari khasiat dalam mencegah berbagai penyakit, hingga efektif dalam terapi penyembuhan penyakit.

Minyak zaitun atau olive oil memiliki banyak kandungan lemak baik atau lemak tak jenuh, omega 6, omega 3 dan asam oleat. Bahkan lemak tak jenuh pada minyak zaitun memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan minyak kelapa murni. Bayangkan saja, di dalam satu sendok makan minyak zaitun terkandung 11 gram lemak tak jenuh sedangkan minyak kelapa murni biasa hanya mengandung 0,1 gram hingga 0,25 gram lemak tak jenuh. Sehingga banyak para ahli kesehatan berpendapat bahwa manfaat minyak zaitun memiliki 5 sampai 10 kali lipat lemak tak jenuh yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan.

Manfaat minyak zaitun untuk Penyakit jantung

Salah satu manfaat minyak zaitun terdapat zat yang efektif untuk mencegah penyakit jantung, yaitu kandungan polifenol yang terdapat pada minyak zaitun. untuk dapat merasakan manfaat ini, disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 5 sendok makan perhari minyak zaitun. Baik itu dalam bentuk olahan maupun diminum secara langsung jika suka.

Manfaat minyak zaitun untuk Darah tinggi

Kasus darah tinggi di Indonesia terbilang cukup tinggi setelah kolesterol dan asam urat. Mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari dapat membantu mencegah resiko tekanan darah tinggi yang mengakibatkan komplikasi seperti serangan jantung karena minyak zaitun efektif mengontrol tekanan darah agar lebih stabil dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

Sumber antioksidan kuat

Zat antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh mengingat manfaatnya dalam menangkal berbagai radikal bebas dalam tubuh yang dapat mengakibatkan penyakit kanker berbahaya. Minyak zaitun memiliki zat antioksidan yang akan berdampak baik terhadap kesehatan meskipun kadar antioksidan pada minyak zaitun tidak sebesar kandungan antioksidan yang terdapat pada buah manggis.

Mencegah obesitas

Obesitas atau kelebihan berat bada merupakan hal yang cukup spele namun membahayakan. Seseorang yang terkena obesitas atau kelebihan berat badan memiliki 30 persen resiko terkena penyakit berbahaya lebih tinggi dibandingkan dengan berat badan yang normal. Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun akan mengontrol lemak tak baik dalam tubuh sehingga akan berefek menjaga berat badan. Tentu hal ini harus ditunjang dengan makanan lain yang sesuai, tidak hanya mengkonsumsi minyak zaitun semata.

Mengontrol kolesterol dalam darah

Banyak minyak kelapa atau minyak goreng, terutama minyak goreng curah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Hal ini tentu kurang sehat karena jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kolesterol, pada kasus tertentu, banyak penderita kolesterol berat berakhir dengan kematian.

Mengkonsumsi minyak zaitun adalah solusi yang tepat ketika Anda ingin memulai menjalakan pola hidup sehat. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dan sedikit sekali lemak jahat (lemak jenuh) didalamnya. Bahkan pada penderita kolesterol, mengkonsumsi minyak zairun secara rutin setiap hari akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah pada tingkatan yang berangsur normal. Demikian penjelasan mengenai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.