Seperti Apa Sih Cara Alami Ngilangin Jerawat? Coba Tips-Tips Ini, Yuk!

Siapa yang tidak frustasi dengan masalah jerawat pada wajah, apalagi jika jerawat yang bermunculan di wajah berukuran besar, meradang dan memerah, dan bahkan sampai menimbulkan rasa sakit?

Apapun masalah jerawat yang Anda hadapi, coba atasi dengan berbagai cara alami ngilangin jerawat dengan masker alami berikut ini. Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan dan cara membuat maskernya pun sangat sederhana.

Masker Alpukat dan Madu

Kandungan vitamin E di dalam alpukat dapat bantu meredakan kulit yang meradang karena jerawat. Sementara itu, madu punya kandungan hidrogen peroksida yang bekerja sebagai anti-bakteri. Untuk merasakan manfaat kedua bahan alami tersebut dalam mengatasi jerawat Anda, cukup tumbuk halus setengah bagian daging buah alpukat, lalu tambah dengan 1 sendok makan madu. Cuci wajah sampai bersih dan oleskan masker tersebut. Diamkan selama kira-kira 15 menit, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami dan cepat

Masker Yogurt dan Madu

Yogurt memang mengandung bakteri, namun bakteri yang terkandung di dalamnya adalah bakteri baik. Selain itu, yogurt juga mengandung asam laktat serta asam alfa hidroksi yang mampu menyingkirkan sel kulit mati penyumbat pori-pori. Untuk membuat masker ini, campurkan 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan yogurt, kemudian oleskan di wajah yang sudah bersih. Diamkan dahulu selama sekitar 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Masker Lemon

Kandungan asam askorbat-L yang terdapat di dalam lemon mampu membantu Anda mengatasi masalah jerawat, terutama yang meradang. Selain itu, zat tersebut pun dapat membersihkan pori-pori kulit wajah yang tersumbat, menghilangkan bekas jerawat, dan mencerahkan wajah.

Cara membuat masker lemon pun sama-sama sederhana. Anda cukup ambil 1 buah lemon, lalu potong jadi 2 bagian dan peras. Anda bisa tambahkan 1 sendok makan madu juga. Oleskan lemon ke wajah dan diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat.

Masker Pisang dan Kunyit

Bukan hanya lezat dan mengenyangkan, pisang pun baik untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit Anda, terutama karena kandungan vitamin E, antioksidan, dan potasium yang terdapat di dalamnya. Maka, kulit Anda pun bisa jadi lembab dan sehat. Sementara itu, khasiat anti-jerawatnya dikarenakan kandungan lektin untuk melawat bakteri yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Sementara itu, kunyit punya kandungan kurkuminoid yang mampu mengatasi peradangan, termasuk peradangan pada kulit wajah karena jerawat.

Untuk membuat masker pisang dan kunyit, Anda hanya perlu haluskan 1 buah pisang dan campur dengan setengah sendok makan kunyit bubuk. Aduk sampai merata, kemudian oleskan pada wajah yang sudah bersih. Diamkan selama beberapa saat, kira-kira 15 menit saja, sebelum Anda bilas sampai bersih dengan air hangat. Kalau kulit Anda terasa begitu kering setelah wajah bersih dari masker, segera gunakan pelembab wajah.