Tanda-Tanda Penyakit Jantung Yang Perlu Diwaspadai

Pentingnya organ jangung pada tubuh manusia telah memicu banyak orang untuk mengetahui tanda-tanda penyakit jantung yang kemudian menjadikan mereka waspada akan hal tersebut. kebanyakan orang berpendapat bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang tiba-tiba saja terjadi. Namun jika dipahami bahwa sebenarnya penyakit jantung bisa dikenali tanda-tanda keberadaanya.

Anggapan yang salah mengenai penyakit jantung

Sebelum membahas mengenai tanda-tanda penyakit jantung, sebagai informasi perlu disampaikan terlebih dahulu mengenai beberapa anggapan yang salah mengenai penyakit jantung dan kesehatan jantung. Dan anggapan yang salah ini penting untuk dibahas karena ada beberapa orang yang terjebak dalam argumen tersebut. Adapun beberapa anggapan yang salah mengenai penyakit jantung adalah sebagai berikut:tanda-tanda-penyakit-jantung

1. Anggapan bahwa penyakit jantung hanya akan menyerang orang bertubuh gemuk

Anggapan ini tentu sudah sering Anda dengar, namun perlu diketahui bahwa tidak sepenuhkan anggapan ini benar.

Orang bertubuh gemuk memang memiliki resiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung, tapi bukan berarti orang bertubuh ideal atau kurus tidak beresiko terkena penyakit jantung.

2. Penyakit jantung hanya terjadi pada orang berusia lanjut

Sama halnya dengan anggapan yang pertama bahwa bukan berarti ketika masih muda tidak bisa mengalami penyakit jantung. Namun semua tergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Jika sudah tua pun tapi memiliki kondisi tubuh yang baik, maka penyakit jantung pun tidak akan menyerang.

3. Penyakit jantung terjadi akibat sering dikagetkan

Anggapan mengenai terjadinya penyakit jantung yang disebabkan oleh sering dikagetkan ini sebenarnya hanya mitos belaka. Tetapi kebiasaan sering kaget atau mudah kaget bisa menjadi suatu tanda bahwa kondisi jantung tidak normal.

4. Penyakit jantung tidak bisa dicegah

Banyak yang beraggapan bahwa penyakit jantung, khususnya serangan jantung merupakan hal yang tidak bisa dicegah. Namun anggap tersebut salah, dan penyakit jantung ini bisa saja dicegah dengan memperbaiki pola hidup.

Tanda-tanda jantung tidak sehat

Sejatinya setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, baik dari struktur tubuh, imunitas tubuh, kondisi organ tubuh, tekanan darah dan semuanya. Perbedaan kondisi tubuh manusia ini juga terjadi pada perbedaan organ jantung mereka. Dan tanda-tanda terjadinya penyakit jantungpun berbeda antara satu dengan yang lain.

Meskipun demikian, penulis sudah mengolongkan penyakit jantung menjadi 4 golongan sebagai berikut ini:

1. Penyakit jantung tergolong ringan

Penykit jantung yang tergolong ringan ini ditandai dengan mudah capek. Pada kondisi ini orang masih bisa bekerja berat, namun sesekali dia akan membutuhkan istirahat.

2. Penyakit jantung tergolong sedang

Pada golongan orang yang memiliki penyakit jantung sedang ini hanya bisa melakukan pekerjaan yang ringan, namun sesekali masih bisa melakukan pekerjaan yang agak berat. Dan jika merasa kelelahan dia membutuhan waktu dua menit untuk berbaring.

3. Penyakit jantung tergolong parah

Pada kondisi ini penderita penyakit jantung tidak bisa melakukan pekerjaan yang bersifat berat maupun ringan dengan mengandalkan dirinya sendiri. Dalam hal ini penderita bahkan tidak dapat melangkahkan kakinya walau hanya beberapa meter saja. Bahkan ada yang membutuhkan bantuan orang untuk memapahnya.

Beberapa tanda-tanda penyakit jantung diatas mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk mengetahui gejala-gejala jantung yang mungkin sedang Anda alami. Tetapi informasi yang disajikan tidak dapat dijadikan sebagai diagnosa atau acuan untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami penyakit jantung atau tidak. Dan untuk mengetahui kondisi jantung Anda secara lebih akurat, maka lebih baik memeriksakan jantung Anda kepada yang ahli yakni dokter.