Ternyata ini Sebabnya Penyakit Anda tidak Kunjung Sembuh Meski Sudah Minum Obat

Semua orang pasti menginginkan cepat sembuh ketika sedang sakit. Namun pernahkah Anda mengalami sakit dan minum obat, tapi tidak kunjung sembuh atau bahkan lama sekali sembuhnya? kenali lebih detail mungkin berikut ini menjadi salah satu penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab penyakit Anda tidak kunjung sembuh meski sudah minum obat.

Seberapa berat penyakit yang diderita

Seberapa berat penyakit yang diderita bisa menjadi salah satu faktor lama atau cepat sembuhnya seseorang dari penyakit yang diderita. Contoh yang paling sederhana adalah ketika seseorang mengalami kulit tangan yang tergores, kulit tangan yang tergores bagian luarnya saja tentu akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan luka terkena tusuk benda tajam sehingga tidak hanya bagian kulit luar yang terluka, melainkan bagian dalam daging kulit juga ikut terluka.

Faktor Gizi

Faktor lain yang dapat mempengaruhi seseorang bisa cepat sembuh atau tidak dari sakit adalah faktor nutrisi atau gizi. salah satu gizi yang diperlukan dalam membantu percepatan penyembuhan adalah protein. Protein merupakan sumber nutrisi yang berperan penting dalam membangun dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh. Selain itu menurut penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki cukup nutrisi vitamin dan mineral akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan orang yang kekurangan vitamin dan mineral. minum obat tidak kunjung sembuh

Contoh gangguan yang diakibatkan oleh faktor gizi adalah sakit kepala yang terjadi ketika duduk lama atau mata terasa menjadi gelap sejenak ketika berdiri setelah jongkok lama. Masalah tersebut tidak dapat terselesaikan dengan hanya meminum obat sakit kepala, karena yang terjadi adalah tubuh kekurangan zat besi akibat kadar hemoglobin darah yang rendah. Biasanya hal ini dapat dibantu dengan suplemen zat besi.

Faktor Stress

Faktor stress juga dapat menjadi pemicu sakit kepala susah untuk sembuh. stress merupakan salah satu gangguan psikologis yang harus dimanajemen yang disebut dengan manajemen stress. Jika seseorang mengalami sakit kepala akibat strees dalam pekerjaan atau masalah, maka obat sakit kepala hanya akan bersifat sementara saja. Karena obat sakit kepala tersebut hanya akan menstimulasi otak sementara. Jika stress tidak dapat diatasi, kemungkinan besar sakit kepala tersebut akan kembali dengan lebih cepat.

Penyakit penyerta

Penyakit penyerta merupakan gangguan pada tubuh yang diakibatkan oleh faktor lain sehingga memberikan efek yang berbeda dari penyakit awalnya. Contohnya adalah ketika seseorang sering mengalami sakit kepala, atau cepat lelah, atau sering meriang dengan tiba-tiba. Ketika meminum obat sakit kepala tidak kunjung sembuh atau hanya bersifat sementara saja. Maka lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mengecekan lebih lanjut karena bisa jadi ada penyakit penyerta yang mengakibatkan sakit kepala tersebut, misalnya diabetes atau kolesterol. Terutama untuk penyakit diabetes, biasanya ketika mengalami sakit demam, atau terluka karena goresan akan sulit sekali sembuh.

Minum obat tidak teratur

Hal spele yang ternyata mempengaruhi kesembuhan penyakit seseorang adalah minum obat yang tidak teratur. Ketika seseorang diberikan obat oleh dokter dengan dosis tertentu dan aturan pakai tertentu, terkadang sebagian orang menganggap hal tersebut tidak terlalu penting, yang penting itu asal diminum saja obatnya.

Misalnya dokter memberikan aturan pakai meminum obat 3 kali dalam satu hari, maka ketika lupa atau sengaja meminum obat secara tidak teratur, maka hal tersebut akan mempengaruhi cara kerja obat pada saat menjalani penyembuhan. Atau ketika dokter menyuruh Anda unuk makan terlebih dahulu sebelum meminum obat, sedangkan Anda langsung meminum obat tanpa makan terlebih dahulu, maka bisa jadi obat tersebut tidak akan bekerja sehingga mengakibatkan seseorang bisa sembuh lebih lama.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika seseorang sudah meminum obat tapi tidak kunjung sembuh.

Tags:,