Tips Cara Menghilangkan Jerawat dan Minyak di Wajah dengan Tepat

cara menghilangkan jerawat dan minyak di wajah

Cara menghilangkan jerawat dan minyak pada wajah pada umumnya cukup mudah dilakukan dengan cara-cara alami ataupun cara medis. Namun permasalahannya tidak semua ramuan, obat atau cara-cara tertentu bisa cocok dengan wajah setiap orang.

Kulit berminyak tidak bisa dipungkiri akan membuat wajah menjadi terlihat kusam, kotor dan tidak segar. Selain itu wajah berminyak akan leboh beresiko menyebabkan penyumbatan pori-pori dan akhirnya timbul jerawat yang tidak diinginkan.

Wajah berminyak ditentukan oleh beberapa faktor dan jenis kulit setiap orang. Ada yang wajah berminyak karena aktivitas yang berat dan terkena paparan sinar matahari, namun ada juga tipe kulit berminyak sebih sering karena memang jenis kulit wajahnya memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan dengan jenis kulit lainnya.

Cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat

Untuk Kalangan remaja yang memiliki kulit wajah berminyak, biasanya tidak diperlukan penanganan khusus untuk merawatnya. Yakni cukup dengan rutin membersihkan wajah selama 2 kali sehari sebetulnya itu sudah cukup, atau jika perlu bisa menggunakan tabir surya sesekali. Namun untuk tips lebih lanjut bagaimana cara menghilangkan jerawat dan minyak di wajah, Anda dapat menjalankan beberapa tips berikut ini.

Gunakan pelembab berbahan dasar air 

Tips cara menghilangkan jerawat dan minyak di wajah yang pertama adalah dengan menggunakan bahan pelembab wajah yang cocok. Pelembab berbahan dasar air yang rutin digunakan pada wajah yang berminyak dan berjerawat akan lebih aman dan lebih menyegarkan dibandingkan dengan pelembab yang bukan berbahan dasar air, karena mudah larut di dalam air ketika mencuci muka, juga tidak membuat pori-pori wajah tersumbat. Disarankan menggunakan pelembab berbahan dasar air yang bertekstur jel.

Gunakan tabir surya

Tips cara mengatasi kulit berminyak dan berjerawat yang kedua adalah dengan menggunakan tabir surya atau sun block. Memiliki kulit wajah yang cerah dan sehat tentu akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Namun terkadang paparan sinar matahari pada saat beraktivitas membuat hal tersebut menjadi tidak nyaman. Beberapa efek dari paparan sinar matahari antara lain adalah binti hitam di wajah, kusam, berminyak hingga berjerawat.

Pada saat menggunakan tabir surya, gunakanlah yang memiliki jenis SPF 15 atau SPF 25 yang banyak dinilai paling aman untuk melindungi wajah dari sinar matahari terhadap hampir semua jenis kulit wajah.

Hindari penggunaan makeup yang terlalu tebal

Menggunakan makeup yang tebal pada kondisi tertentu memang sah-sah saja. Namun hindarilah penggunaan makeup wajah terlalu tebal dengan intensitas yang sering karena dapat menghambat pori-pori wajah yang dapat menimbulkan jerawat. Setelah menggunakan makeup, cucilah wajah dengan bersih menggunakan cairan khusus pembersih makeup.

Bersihkan wajah sebelum tidur

Biasakanlah membersihkan wajah sebelum tidur. Hal ini dapat membantu mengurangi resiko timbulnya jerawat sehabis beraktivitas pada pagi hari hingga sore hari. Sehingga pada saat beristirahat wajay senantiasa bersih dan bebas dari kotoran.

Rutin melakukan scrubbing wajah

Scrubbing wajah sesekali diperlukan karena dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sel kulit mati pada wajah dapat menimbulkan jerawat dan kulit kering sehingga tampak tidak segar. Dengan scrubbing wajay selama seminggu sekali dapat membuat kesegaran wajah tetap terjaga.

Gunakan Oil face paper

Ketika sedang beraktivitas dan membuat kulit Anda berminyak, gunakan kertas khusus wajah atau oil face paper untuk mengelap minyak pada wajah Anda. Jangan menggunakan tisu biasa, apalagi menggunakan tisu gulung untuk mengusap wajah.

Rajin menggunakan sabun muka

Pada saat mencuci muka dengan air yang bersih, terkadang noda minyak pada wajah tidak hilang dan masih menempel pada wajah. Solusinya yaitu gunakanlah sabun buka setiap kali Anda mencuci muka agar minyak pada wajah dapat terangkat dan membuat wajah Anda tampak lebih segar setelah mencuci muka dengan sabun muka.

Gunakan obat jerawat yang tepat

Tidak semua obat jerawat cocok untuk kondisi wajah seseorang. Bahkan ada yang malah bertambah parah setelah menggunakan obat jerawat. Oleh karena itu, kenalilah seberapa banyak wajah Anda terdapat jerawat, kemudian jika obat jerawat biasa tidak dapat menolong, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penggunaan obat yang tepat.

Hindari memencet jerawat

Jerawat ketika tumbuh terdapat fase-fase hingga membesar dan akhirya pecah dengan sendirinya. Memcencet jerawat sendiri terutama jerawat yang belum matang bisa menyebabkan bintik hitam pada wajah yang relatif sulit untuk dihilangkan.

Pastikan tangan besrih ketika menyentuh wajah

Tips cara menghilangkan jerawat dan minyak di wajah lainnya adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Tangan yang tidak bersih ketika menyentuh wajah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan wajah berjerawat akibat bakteri dan kuman yang terdapat pada tangan. Untuk itu pastikan wajah Anda senantiasa selalu bersih ketika akan menyentuh wajah Anda.

Selalu membiasakan pola hidup sehat

Menjalankan kebiasaan pola hidup sehat bukan hanyak akan membantu membuah wajah tetap sehat, namun juga dengan tubuh dan kondisi psikologis Anda. Rutin membersihkan secara konsisten merupakan salah satu pola hidup sehat yang perlu dijalankan. Selain itu istirahat yang cukup akan membantu kulit wajah meregenerasi. Oleh karena itu lah orang yang pada saat hidupnya selalu diimbangi dengan istirahat yang cukup akan terlihat lebih awet muda dibandingkan dengan yang jam tidur yang kurang.

Minum air putih yang cukup

Tips cara menghilangkan jerawat dan minyak di wajah lainnya adalah meminum air putih yang cukup. Minum air putih yang cukup akan membantu menjaga kesehatan kulit dan membantu mengatasi stress setelah beraktivitas. Sebenarnya banyak sekali manfaat meminum air putih yang cukup, salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Itu dia tips cara menghilangkan jerawat dan minyak di wajah dengan tepat. Jika dilakukan dengan konsisten akan membantu merawat kulit wajah tetap sehat dan bebas dari minyak. Namun jika perawatan diatas wajah berminyak Anda tidak kunjung dapat teratasi, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dan jenis kulit wajah Anda.