Tips Hidup Sehat ala Rasulullah yang Wajib Anda Jadikan Contoh

Kalau berbicara soal cara hidup sehat, semua informasi yang berkaitan barangkali dapat dirangkum jadi poin berikut: makan sehat, berolahraga, dan istirahat cukup. Akan tetapi, ada juga berbagai kebiasaan yang akan menunjang gaya hidup yang lebih sehat. Dan salah satunya adalah berbagai kebiasaan Rasulullah SAW yang dapat Anda jadikan contoh untuk diterapkan mulai dari sekarang juga.

Apa saja tips hidup sehat ala Rasulullah? Berikut ulasannya dan selamat membaca!

Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Rasulullah selalu tidur lebih awal di malam hari, dan bangun lebih awal pula untuk melakukan shalat malam. Total, beliau tidak pernah tidur lama-lama atau berlebihan, kira-kira hanya 6 sampai 7 jam saja setiap malam. Bangun lebih awal ternyata mampu meningkatkan produktivitas dan baik untuk menjaga kesehatan mental.

Makan Secukupnya

Konsep makan seimbang di dalam Islam adalah sebagai berikut: isi perut dengan 1/3 makanan, 1/3 air atau cairan, dan 1/3 untuk udara (bernapas). Rasulullah pun menganjurkan kebiasaan yang demikian, apalagi kebiasaan ini memang akhirnya terbukti mampu mencegah risiko penyakit. Di Jepang sendiri ada konsep serupa, yaitu “hara hachi bu” yang artinya berhenti makan ketika sudah 80% merasa kenyang. Konsep tersebut adalah salah satu alasan mengapa banyak orang Jepang yang usianya sampai lebih dari 100 tahun.

Rasulullah SAW sering menganjurkan umatnya untuk makan ketika lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Hal tersebut memang rupanya baik untuk kesehatan.

Makan Tanpa Tergesa-Gesa

Normalnya, tubuh memerlukan sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang untuk otak. Jadi, dengan makan secara perlahan, maka Anda pun bisa makan lebih sedikit. Selain itu, cara ini pun baik untuk menjaga kondisi sistem pencernaan. Dan Rasulullah sangat menganjurkan kebiasaan makan yang demikian.

Minum Secara Perlahan

Bukan hanya ketika makan, salah satu tips hidup sehat ala Rasulullahadalah dengan tidak tergesa-gesa ketika minum. Rasulullah menganjurkan untuk tidak minum dalam sekali napas, tapi lakukan dalam 2 atau 3 kali napas. Hal ini pun terbukti bahwa minum air terlalu banyak dalam waktu singkat dapat menyebabkan sakit kepala lantaran adanya ketidakseimbangan kadar elektrolit di dalam darah. Dan dengan minum secara perlahan, tubuh pun mampu menyerap cairan dengan lebih baik.

Berpuasa

Selain untuk menambah pahala, puasa sudah terbukti secara ilmiah baik untuk kesehatan. Selain puasa wajib sepanjang bulan Ramadhan, Rasulullah pun sering berpuasa Senin-Kamis maupun puasa berselang yang mampu mencegah efek buruk proses oksidasi pada tubuh dan menyeimbangkan kadar hormon. Efek peradangan pun mampu dikurangi dengan berpuasa secara teratur, sehingga tubuh dapat bekerja lebih baik dalam mengatasi masalah kesehatan yang bahkan mungkin belum Anda rasakan gejalanya.