Yakin Anda Terkena Migren? Kenali Dulu 14 Penyebab Migren ini

Penyebab migren akan mengakibatkan sakit kepala sebelah dengan frekuensi berdenyut dan hanya pada satu bagian sisi kepala saja. Pada kasus tertentu migrain dapat disertai dengan mual dan lebih sensitif terhadap panas cahaya matahari.

Sebetulnya tidak ada penjelasan yang pasti penyebab timbulnya migrain pada kepala, para ahli memang sudah banyak yang mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan penyebab migren. Meskipun begitu banyak artikel kesehatan dari luar negeri menyebutkan bahwa migrain dapat timbul akibat faktor genetika dan lingkungan sekitar.

Secara teknis, migrain disebabkan adanya gangguan syaraf pusat yang mendasari sakit kepala sebelah. Kemudian ketidakteraturan sistem pembuluh darah otak atau sistem vaskular juga dapat menjadi salah satu penyebab migren.

Beberapa ciri-ciri migrain yang paling umum antara lain adalah dirasakan sakit kepala sebelah dengan frekuensi yang berdenyut dan sifatnya kambuhan pada situasi dan kondisi tertentu. Selain itu pada kasus tertentu, migrain dapat juga mengakibatkan mual, sensitif terhadap cahaya dan lain-lain.

Sakit migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala jenis primer. Yang mana nyeri kepala jenis ini tidak disebabkan oleh kelainan secara struktural atau organik. Seperti diketahui penyebab migrain sampai saat ini penjelasan pasti nya masih belum jelas secara medis, namun demikian hal-hal yang menjadi timbulnya migrain adalah sebagai berikut.

1. Perubahan pola tidur

Jika Anda selama ini pernah mengalami migrain dan sebelumnya sudah beberapa kali mengalami perubahan pola tidur, bisa jadi itu adalah salah satu penyebabnya. Sebagian orang mengalami migrain setelah mengalami kurang tidur atau terlalu banyak tidur. Bahkan ketika seseorang ngentuk dan mengalami tidur kilat atau tidur dengan frekuensi sangat singkat kemudian terbangun, bisa menjadi salah satu penyebab migrain. Selain itu jet lag juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala sebelah pada sebagian orang setelah naik pesawat dalam jangka waktu beberapa jam.

2. Faktor hormonal

Faktor hormonal sering terjadi pad kaum hawa. Fluktuasi dalam hormon esterogen bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya migrain pada wanita. Banyak para wanita mengeluhkan sakit kepala sebelah, baik itu karena riwayat migrain sebelumnya ataupun terjadi penurunan kadar hormon esterogen yang cukup signifikan.

3. Alergi dan efek makanan tertentu

Memang tidak terjadi pada setiap orang yang mengalami migrain. Namun alergi pada makanan tertentu menjadi penyebab migrain ringan, terutama pada olahan makanan yang banyak mengandung micin atau monosodium glutamat (MSG) dan makanan asin. Bahkan ketika seseorang mengalami lapar dan telat makan pun, pada kondisi tertentu bisa menjadi pencetus migrain.

4. Pemanis buatan

Zat aspartam pada pemanis buatan banyak sekali terdapat pada jajanan dan makanan-makanan yang kurang sehat juga dapat menjadi pemicu migrain ringan.

5. Merokok dan minuman beralkohol

Seringkali ditemukan orang yang sering meminum minuman beralkohol mengalami sakit kepala sebelah atau migrain terutama minuman anggur. Rokok juga merupakan menyebab migren dan hal yang sifatnya mengandung kafein yang tinggi.

6. Akibat picuan sensorik

Picuan sensorik merupakan respon dari bagian-bagian tubuh setelah melakukan aktivitas terterntu. Antara lain kelelahan akibat kerja berat, atau silauan cahaya dan panas matahari yang menyengat ke kepala dapat mejadi penyebab migren. Termasuk juga dengan suara-suara yang keras dan bau yang menyengat dapat menjadi salah satu penyebabnya, antara lain bau parfum, cairan tinner cat, dan asap rokok.

7. Faktor lingkungan

Perubahan cuaca dan tekanan udara dapat memicu migrain pada sebagian orang, terutama di negara-negara beriklim tropis seperti indonesia. Namun demikian hal ini hanya terjadi pada sebagian orang saja dan biasanya hanya penyebab migren ringan. Perubahan cuaca biasanya lebih berefek pada serangan flu.

8. Efek samping obat tertentu

Efek samping dari mengkonsumsi obat tertentu dapat menjadi salash satu pemicu timbulnya migrain. Salah satunya adalah dari alat KB oral dan obat yang mengandung nitrogliserin dapat memperburuk migrain.

9 Stress

Banyak sebagian orang yang mengalami stress merasakan sakit kepala sebelah akibat migrain. Baik itu stress ditempat kerja maupun di rumah. Biasanya dengan melakukan refreshing ringan dan berolah raga dapat menghilangkan rasa sakit kepala yang berdenyut. Tentu dengan istrirahat yang cukup.

Apa saja faktor-faktor yang meningkatkan resiko migrain?

Memang tidak semua orang mengalami sakit kepala sebelah penyebab migren. Namun demikian tidak bisa dipungkiri sebagian orang memang lebih sensitif terhadap penyebab migren. Ada beberapa faktor resiko yang menjadi lebih rentan mengalami sakit kepala sebelah akibat migrain. Antara lain adalah sebagai berikut.

Umur

Migrain dapat menimpa siapa saya pada umur berapapun. Namun menurut beberapa penelitian ilmiah menyebutkan bahwa orang lebih rentan terkena migrain pada usia 17 hingga 30 tahu. Namun diatas 30 tahun biasanya frekuensi migrain akan berangsur-angsur membaik. Namun tidak jarang juga usia diatas 30 dapat mengalami migrain.

Faktor bawaan riwayat

Faktor riwayat keluarga dapat menjadi salah satu faktor orang lebih rentan terkena migrain. Misalnya jika terdapat salah satu anggota keluarga yang sering terkena migrain, bisa jadi meruakan riwayat dari ayah atau ibu.

Gender

Seperti dikutip dari healthline, jumlah anak laki-laik memiliki prosentasi migrain lebih besar dibandingkan dengan anak perempuan. Namun ketika sudah beranjak remaja, prosentase wanita jauh lebih rentan mengalami sakit kelapa sebelah akibat migrain.

Kapan Anda harus berkonsultasi dengan dokter?

Pada umumnya migrain tidak berbahaya. Namun banyak yang mengeluhkan ketika migrain sering kambuh dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan tentu akan menurunkan kualitas pola hidup sehat.

Jika memang sakit kepala akibat migrain, biasanya dokter akan melakukan diagnosa lebih jauh mengenai sakit yang diderita. Antara lain melakukan CT scan untuk memastikan penyebab dari sakit kepala yang diderita.

Namun pada kasus migrain ringan, meminum obat parasetamol akan meringankan sakit kepala sebelah yang berdenyut. Ketika selama beberapa hari tidak ada perkembangan. Disarankan untuk menghubungi dokter ahli.